Pelatihan Guru Jangan Lagi Asal-asalan

Kompas.com - 29/12/2012, 03:50 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Penerapan Kurikulum 2013 membutuhkan persiapan dan koordinasi yang matang, terutama dari aspek penyiapan guru. Karena itu, jika Kurikulum 2013 akan diterapkan, pelatihan guru jangan lagi asal-asalan atau sekadar formalitas seperti masa lalu.

Penyiapan guru merupakan aspek yang paling penting sebab guru menjadi ujung tombak pelaksanaan kurikulum. Di sisi lain, Kurikulum 2013 menuntut peran guru yang berbeda, yakni guru harus lebih kreatif dalam menggali dan mengembangkan potensi siswa. Selain itu, waktu untuk pelatihan guru hingga pelaksanaan kurikulum sangat terbatas, tak sampai enam bulan.

Demikian pernyataan sejumlah kalangan menyikapi hasil uji publik dan rencana penerapan Kurikulum 2013.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo dalam refleksi akhir tahun bidang pendidikan di Jakarta, Jumat (28/12), mengemukakan, pemerintah harus jujur mengenai kemungkinan implementasi Kurikulum 2013. Indonesia sangat luas dan beragam sehingga penyiapan harus dilakukan hingga ke pelosok-pelosok desa.

”Jika memang belum siap, tunda hingga 2014,” kata Sulistiyo.

Ia juga mempertanyakan keterkaitan pelatihan guru untuk Kurikulum 2013 dengan hasil uji kompetensi guru (UKG). ”Jangan sampai hasil UKG diabaikan sehingga cita-cita membentuk guru yang profesional semakin jauh dari harapan,” ujarnya.

Guntur Ismail, Presidium Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), mengatakan, yang paling penting saat ini adalah membenahi kualitas guru.

Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Iwan Hermawan mengatakan, pelaksanaan kurikulum baru sebaiknya ditangguhkan sampai tahun 2014 karena perlu uji publik yang lebih matang.

Forum Komunikasi Peduli Pendidikan Republik Indonesia (FKPPRI) yang beranggotakan pakar, praktisi, dan pengamat pendidikan meminta Kurikulum 2013 jangan diterapkan tahun ini. ”Pola dan waktu uji publiknya harus dibenahi,” kata Koordinator FKPPRI Darmin Mbula.

Untungkan guru

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X