Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan Ujian Nasional Kacau

Kompas.com - 16/04/2013, 03:37 WIB

Jakarta, Kompas - Pelaksanaan ujian nasional, Senin (15/4), untuk SMA/SMK sederajat sungguh kacau. Selain 11 provinsi belum menerima paket soal, sejumlah daerah kekurangan lembar soal dan lembar jawaban, paket mata pelajaran tertukar, hingga kualitas kertas buruk yang mudah sobek.

Di Padang, Sumatera Barat, misalnya, ujian nasional tidak berlangsung mulus karena sejumlah sekolah kekurangan soal. Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang, dua kelas jurusan IPS kekurangan soal Bahasa Indonesia sehingga naskah soal harus difotokopi dengan pengawalan polisi dan panitia.

”Kasus kekurangan soal menimpa 11 SMK dan 1 MA di Padang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Indang Dewata.

Di Batam, Kepulauan Riau, kekurangan soal terjadi di SMA 4, panitia harus memfotokopi. Proses menggandakan soal menyebabkan pelaksanaan ujian nasional untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kemarin ditunda selama satu jam. Soal ujian nasional SMA Yos Sudarso tertinggal di Tanjung Pinang, ibu kota Kepulauan Riau.

Di Merauke, Papua, penyelenggaraan ujian nasional Bahasa Indonesia juga diwarnai kekurangan naskah soal. Di SMA Kolese Pendidikan Guru Merauke, misalnya, kekurangan naskah soal satu amplop atau 20 paket soal. ”Kami terpaksa memfotokopi dahulu sehingga pelaksanaan UN terlambat,” kata Edoardus Maturbongs dari Tim Pengamanan Soal Ujian Nasional SMA/MA/ SMK Universitas Musamus, Merauke.

Di SMA Negeri 3 Merauke ditemukan dua lembar naskah soal Bahasa Inggris terselip di antara lembar naskah soal Bahasa Indonesia. Kepala SMA Negeri 3 Merauke Lukas Lena mengatakan, dua lembar naskah soal Bahasa Inggris itu telah diamankan panitia karena ujian nasional. Bahasa Inggris baru akan diujikan hari Selasa ini.

Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pelaksanaan ujian nasional diwarnai kesalahan paket soal. Di MAN Rengel, peserta baru mengerjakan soal Bahasa dan Sastra Indonesia pada pukul 12.00 karena paket soal yang diterima bukan untuk program agama. ”Akhirnya peserta harus menunggu soal pengganti yang dikirim dari Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MAN Rengel Ulfah Haati.

Di SMA Luar Biasa Maarif, Kabupaten Lamongan, ujian nasional terlambat diselenggarakan karena soal terlambat datang.

Ujian susulan

Di Sumatera Utara, sebanyak 521 sekolah di 30 kota/kabupaten kekurangan naskah soal UN. Dinas Pendidikan Sumut akan menggelar ujian susulan bagi siswa yang tidak kebagian soal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com