Kompas.com - 19/07/2013, 18:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ

SAMARINDA, KOMPAS.com — Pemprov Kaltim melalui instansi terkait pada tahun anggaran 2013 menyediakan beasiswa untuk Strata Tiga (S-3) khusus doktor ilmu-ilmu kedokteran, senilai Rp 1,320 miliar untuk 22 penerima.

"Beasiswa program ini mulai dikucurkan oleh Dinas Pendidikan Kaltim. Beasiswa ini digulirkan pemerintah karena Pemprov Kaltim ingin sumber daya manusia daerah terus meningkat dan memiliki daya saing," ujar Ketua Tim Fasilitasi Beasiswa Kaltim Cemerlang, H Bohari Yusuf, di Samarinda, Jumat (19/7/2013).

Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, selain itu Pemprov Kaltim juga memberikan beasiswa khusus dokter jurusan spesialis yang kuliah di luar Kaltim. Jumlah penerimanya sebanyak 25 orang.

Masing-masing mahasiswa menerima beasiswa dalam program khusus dokter spesialis ini senilai Rp 45 juta, sehingga total dana yang dikucurkan di program ini sebanyak Rp 1,125 miliar.

Selanjutnya beasiswa pendidikan dokter jenjang sarjana luar daerah sebanyak 181 penerima, masing-masing mahasiswa mendapat beasiswa Rp 10 juta, sehingga anggaran yang dikucurkan dalam program ini mencapai Rp 1,810 miliar.

Para mahasiswa yang mendapat beasiswa itu berasal dari 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim, pasalnya selama ini Kaltim masih kekurangan dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis.

Adapun mereka yang mendapat beasiswa itu, apabila lulus diharapkan mengabdi untuk masyarakat Kaltim, terutama dari daerah perdesaan dan kawasan perbatasan yang sangat kekurangan tenaga dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para mahasiswa S-1 yang mendapat beasiswa itu, mengambil jurusan yang bervariasi, seperti pendidikan dokter di Universitas Brawijaya, ilmu kedokteran di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Kemudian jurusan pendidikan dokter gigi di Universitas Airlangga, dokter gigi di Universitas Gadjah Mada. Penerimanya antara lain dari Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Nunukan, Tarakan, Berau, dan Bulungan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.