Kompas.com - 29/07/2013, 05:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ

SUNGAILIAT, KOMPAS.com - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memberikan beasiswa reservasi teknik nuklir kepada 17 siswa terpilih di Provinsi Bangka Belitung untuk melanjutkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia.

"Program ini diberikan secara ketat untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDA) yang lebih handal di bindang nulkir," kata Kepala Pusdiklat Batan Hendriyanto Hadi Tjahyono di Sungailiat, Minggu (28/7/2013).

Dikatakannya, dilihat dari peminat siswa yang mengikuti program itu terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 340 siswa, sementara yang diterima hanya 17 siswa.

"Siswa yang lulus dalam seleksi akan kami rekomendasikan untuk mengikuti kuliah di sejumlah perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran (Unpad) dan perguruan tinggi negeri lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, ke-17 siswa yang diterima sebelumnya berhasil mengikuti tahapan seleksi mulai dari kelengkapan administrasi, akademik serta psikologi.

"Program biasiswa reservasi kami selenggarakan sejak tahun 2011 dan hasilnya cukup memuaskan. Program ini berlaku hanya bagi siswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Menurut dia, jumlah siswa yang diterima pada angkatan pertama tahun 2011 sebanyak 18 siswa, tahun 2012 sebanyak 13 siswa dan tahun 2013 atau angkatan ketiga 17 siswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para siswa ini nantinya akan diberdayakan jika di daerah setempat memiliki potensi atau fasilitas nuklir yang memang bermanfaat bagi manusia seperti diperuntukkan di bidang kesehatan, pertanian dan lainnya.

"Hanya saja orang-orang berkerja di fasilitas tersebut harus memenuhi standar kopetensi yang memang harus dipenuhi oleh bersangkutan," katanya.

Dia mengakui, hingga Kini di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum ada fasilitas PLTN dan kalau nantinya fasilitas tersebut tersedia para siswa yang mendapat program biasiswa reservasi akan diberdayakan.

"Aplikasi nuklir tidak hanya berguna untuk kebutuhan energi listrik, namun juga untuk bidang lainnya yang bermanfaat bagi manusia dan setiap tahunnya BATAN melatih 400 orang yang semuanya bekerja di beberapa aplikasi bidang nuklir," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.