Kompas.com - 27/09/2013, 10:55 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Institut Francais Indonesia (IFI) - Campus France Indonesia bersama 23 perwakilan pendidikan tinggi di Perancis akan memberikan berbagai informasi penting mengenai pendidikan di Perancis. Informasi tersebut akan dibagikan pada penyelenggaraan European Higher Education Fair (EHEF) 2013. EHEF 2013 akan digelar di Grand City Ballroom, Surabaya, pada 9 Oktober 2013 dan Puri Agung Sahid Jaya Hotel, Jakarta, pada 12 – 13 Oktober 2013 mendatang.

Komunikasi dan Promosi Campus France Indonesia, Janita Jaya, memaparkan, tahun ini perwakilan institusi pendidikan tinggi Perancis yang berpartisipasi dalam EHEF 2013 akan menawarkan berbagai jurusan dan program studi yang beragam, mulai dari bisnis manajemen, hukum, teknik, bahasa, seni dan mode, komunikasi, seni, ilmu sosial, hingga penerbangan. Di bawah naungan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, IFI merupakan pusat informasi dan kerja sama mengenai Perancis dalam bidang pendidikan, penelitian, kerja sama ilmiah, dan budaya.

Adapun dalam kaitannya dengan hubungan kerja sama pendidikan, IFI menggelar Joint Working Group yang merupakan pertemuan tahunan kerja sama Perancis-Indonesia. Acara ini diselenggarakan IFI dan dihadiri oleh universitas-universitas besar Indonesia dan Perancis, serta perwakilan dari kementerian yang terkait dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan kejuruan.

Berdasarkan data Campus France, pada 2012 lalu terdapat 440 pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Perancis. Dari jumlah itu, sebanyak 222 di antaranya merupakan penerima beasiswa kerja sama antara Pemerintah Perancis dan Pemerintah Indonesia serta perusahaan Perancis yang juga turut memberikan beasiswa.

Selain itu, IFI–Campus France Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa institut pendidikan tinggi Indonesia untuk mendirikan "Warung Perancis", yaitu pusat informasi mengenai Perancis dan studi di negara itu.

"Selama ini Warung Perancis menjadi salah satu wadah para mahasiswa Indonesia belajar dan mengetahui budaya Perancis. Hingga 2013 ini, terdapat 11 Warung Perancis yang telah berdiri di universitas-universitas yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Janita kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Informasi mengenai studi di Perancis dapat disimak di situs resmi Campus France Indonesia (www.indonesie.campusfrance.org). Sementara informasi seputar kegiatan budaya, pendidikan, serta kerja sama ilmiah Perancis bisa diakses di situs Institut Francais Indonesia (www.institutfrancais-indonesia.com).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
NASIONAL
Isi UU IKN
Isi UU IKN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.