"Indonesia Week 2014" Dibuka dengan Parade Pencetak MURI!

Kompas.com - 16/06/2014, 16:41 WIB
Pelaksanaan Indonesia Week 2013 lalu di kampus Ritsumeikan APU, Beppu, Jepang. M Latief/KOMPAS.comPelaksanaan Indonesia Week 2013 lalu di kampus Ritsumeikan APU, Beppu, Jepang.
Penulis Latief
|
EditorLatief
BEPPU, KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia di Ritsumeikan Asia Pacific University (Ritsumeikan APU) Jepang, yang tergabung dalam Ritsumeikan APU Indonesia Society (APU-INA), saat ini tengah menyelenggarakan pesta tahunan 'Indonesian week 2014'. Hari ini, Indonesa week 2014 dibuka dengan sebuah parade dengan partisipan yang membentuk konfigurasi huruf "INA" sebagai kependekkan dari penulisan Indonesia.

Parade yang digelar di kampus APU itu akan mencetak rekor di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai 'konfigurasi INA' dengan jumlah 178 partisipan dengan kewarganegaraan beragam yang pertama di luar negeri”. Seiring parade pembukaan tersebut, secara resmi Indonesian Week 2014 pun dimulai sejak hari ini, Senin (16/6/2014).

Indonesian Week 2014 merupakan bagian dari Multicultural Week di Ristumeikan APU. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ke masyarakat internasional, seperti komunitas di kampus APU yang 50 persen mahasiswanya adalah mahasiswa asing dari 84 negara.

"Dengan begitu, masyarakat internasional mampu merasakan tradisi, keunikan, kehangatan dan keindahan budaya Indonesia secara lebih mendalam," ujar Dahlan Nariman, Vice-Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development and Learning Support Center (EDLSC) di Ritsumeikan APU.

Melalui kegiatan ini, lanjut Dahlan, masyarakat APU-INA ingin membuktikan, bahwa budaya dan tradisi Indonesia tidak kalah menarik. Event ini juga banyak melibatkan mahasiswa asing berbagai negara sehingga bisa menjadi ajang untuk mempererat persahabatan antar-sesama?mahasiswa Indonesia dan masyarakat internasional.

"Lebih dari itu, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang untuk mengasah karakter, skil dan leadership untuk berkiprah dan berkarya di kancah internasional," kata Dahlan.

Tahun ini, Indonesian Week 2014 membawa tema "All Ai Indonesia", dimana karakter huruf kanji ai memiliki arti kata "cinta". Hal itu menggambarkan semangat dan harapan, bahwa tradisi dan budaya Indonesia dicintai semua orang dari berbagai bangsa jika pandai mengolah dan mengemasnya.

Adapun Indonesian Week 2014 dilaksanakan pada 16 – 20 Juni 2014 di kampus Ritsumeikan APU, Jepang. Berbagai acara di dalamnya meliputi Indonesian Corner atau ajang pameran pernak-pernik bernuansa Indonesia, Pasar Malam atau acara berisikan kesenian tradisional Indonesia yang penuh stan makanan-makanan ringan khas Indonesia, face painting, photo booth dan permainan tradisional Indonesia, Tujuh Belasan atau kegiatan perayaan Kemerdekaan RI, serta Grand Show atau pertunjukkan puncak dan penutup rangkaian acara Indonesian Week 2014.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X