Kompas.com - 13/08/2014, 17:00 WIB
Mendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi. Dok KemendikbudMendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi.
EditorLatief
KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengutamakan keterampilan, pemahaman, dan pendidikan berkarakter. Dengan kurikulum ini, siswa akan dituntut memahami materi, aktif berdiskusi dan presentasi, serta memiliki sopan santun dan disiplin tinggi.

Mendikbud menjelaskan, Kurikulum 2013 dapat melahirkan generasi yang berpikir berdasarkan situasi riil di lapangan dan bukan persepsi spekulatif. Siswa dapat meningkatkan keberanian untuk berkomunikasi dalam hal bertanya dan membentuk karakter yang baik.

"Siswa diharapkan mengubah cara berpikirnya dari persepsi menjadi fakta dan subyektif menuju obyektif," katanya di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Mendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi.

"Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 akan memberikan berbagai hasil positif bagi siswa," katanya.

Mendikbud menambahkan, Kurikulum 2013 dapat membentuk karakter siswa yang penuh kasih sayang, jujur, disiplin, bersih, dan toleran untuk mendukung pembangunan Tanah Air yang lebih baik.

Baca juga: Guru Optimistis, Pendekatan Kurikulum 2013 Sangat "Scientific"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(ADRIE/ASW)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.