BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera, Perjalanan Panjang Transformasi Pendidikan

Kompas.com - 21/10/2014, 17:35 WIB
- -
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

KOMPAS.com – Megah. Gedung setinggi 21 lantai itu dirancang berbentuk kotak-kotak unik. Ditumpuk secara vertikal tak beraturan, tampilannya menjadi ciri khas tersendiri di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Gedung tersebut tak lain kampus BINUS UNIVERSITY @ Alam Sutera. Lewat perspektif arsitektur, tampilannya sebagai sebuah kampus memang berbeda.

Material finishing-nya pada setiap kotak tadi dibuat berbeda, melambangkan adanya berbagai fakultas, jurusan atau program studi, dan ilmu pengetahuan di perguruan tinggi itu. Kesan modernnya menguat berkat pemilihan material high-tech.

Tak hanya megah, tapi juga luas. Di lahan 5 hektar, konsep zonasi untuk fungsi bangunan ini juga luas dan sangat teratur, meliputi tahap satu lantai semi-basement untuk keperluan parkir, building management dan utility room. Lantai pertamanya akan difungsikan untuk lobi utama, international lounge, pelayanan mahasiswa, bank, perpustakaan, sertabeberapa ruang komunal mahasiswa.

Lantai duanya tak kalah luas. Bagian ini akan digunakan untuk fasilitas laboratorium non-komputer, misalnya Binus TV, studio fotografi, data center, serta ruang simulasi jurusan hubungan internasional. Adapun lantai tiga difungsikan untuk ruang kantor dan ruang dosen.

Sementara itu, pada lantai empat akan disiapkan untuk extension office berikutnya. Sisa lantai lainnya, mulai lima sampai empat belas dipakai untuk ruang kelas, kelas besar, serta laboratorium.

“Pada tahun ajaran 2014 ini rencananya dipersiapkan sebanyak 17 kelas reguler yang masing-masing memiliki luas bervariasi, yakni berkisar antara 70 m2 hingga 90 m2,” ujar Ir Rivanus Dewanto, IAI, Project Manager Universitas Binus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ada juga dua ruang kelas besar, laboratorium non-komputer sebanyak 11 ruang, laboratorium komputer 7 ruang, dan 1 unit ruang marketing. Fasilitas yang kami sediakan di sini antara lain layanan mahasiswa, perpustakaan, layanan dosen akademis, dan rektorat, kantor, serta kafetaria,” tambahnya.

Perjalanan panjang

TAK semudah yang dikira. Untuk mencapai “kemegahan” itu, Universitas BINA NUSANTARA atau BINUS UNIVERSITY harus melewati perjalanan sangat panjang, yaitu hampir empat dekade lamanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X