Kompas.com - 14/02/2015, 16:33 WIB
Ike mengakui, sebagai mahasiswa internasional, keluwesan bergaul menjadi kunci suksesnya berteman dan menimba ilmu di Belanda. Dia mengatakan, pertemanan dengan mahasiswa internasional di kota itu sangat menyenangkan dan membantunya membuka wawasan.
Dok Pribadi/Ike WidyaningrumIke mengakui, sebagai mahasiswa internasional, keluwesan bergaul menjadi kunci suksesnya berteman dan menimba ilmu di Belanda. Dia mengatakan, pertemanan dengan mahasiswa internasional di kota itu sangat menyenangkan dan membantunya membuka wawasan.
|
EditorLatief
KOMPAS.com – Beasiswa selalu menjadi peluang menarik bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tak seperti dulu, semakin terbukanya arus informasi lewat internet kini kian memudahkan para pencari beasiswa itu.

Tapi, tentu saja, tetap butuh upaya keras untuk meraih beasiswa. Khusus untuk beasiswa di Belanda, calon pelamar harus rajin mengumpulkan informasi. Baca: Cari Beasiswa Dulu atau Kampusnya Dulu? Jangan Terbalik!.

Salah satu caranya adalah laman Nuffic Nesso yang memiliki beragam informasi mengenai pendidikan tinggi di Belanda. Di laman ini tersaji lengkap semua informasi, termasuk program-progran beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah Belanda maupun Nuffic Neso Indonesia bersama perguruan-perguruan tinggi di Negeri Kincir Angin itu.

Beasiswa apa yang ditawarkan? Berikut informasi empat program beasiswa studi paling populer ke Belanda:  

www.shutterstock.com Ada 5 bidang prioritas pada program beasiswa ini, yaitu pengelolaan air, ketahanan pangan, sektor ekonomi, sektor peradilan, dan hak asasi manusia.
Beasiswa StuNed

Studeren in Nederland (StuNed) merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda untuk untuk mendanai studi pelajar Indonesia untuk gelar master (S-2) atau short course. Ini adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada berbagai faktor keunggulan, mulai akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lainnya. Dalam setahun, setidaknya tersedia 200 sampai 250 beasiswa penuh yang ditawarkan.

Tahun ini pendaftaran StuNed sudah dibuka dengan batas waktu sampai 15 Maret 2015 untuk program master (S-2) dan 1 Maret 2015 untuk short course. Informasi lebih jauh mengenai StuNed dan program studi di Belanda bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/stuned.

Beasiswa StuNed mengharuskan kandidat sedang bekerja dan memiliki pengalaman bekerja minimal dua tahun di instansi terakhir. Kemampuan bahasa Inggris pun harus baik dan dibuktikan dengan skor IELTS min 6 atau internet-based TOEFL 80.

Beasiswa NFP

Beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) ditujukan khusus bagi warga negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan untuk program S-2, S-3, dan short-course.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X