Kompas.com - 17/02/2015, 07:00 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Program beasiswa Holland Scholarship diluncurkan hari ini, Senin (16/2/2015), meningkatkan kualitas pendidikan tinggi lewat kelas internasional. Program beasiswa ini akan mempermudah pelajar untuk magang atau menempuh sebagian durasi studi mereka di luar negeri, termasuk untuk pelajar Indonesoa.

"Pengalaman internasional juga membantu pelajar mengembangkan kemampuan internasional, yang akan memberikan kesempatan lebih besar di dunia kerja saat lulus nanti. Mereka, para pelajar itu, juga menganggap periode studi di luar negeri sebagai pengalaman yang mengubah hidup mereka," ujar Menteri Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Jet Bussemaker, dalam siaran pers kepada KOMPAS.com di Jakarta.

Lewat beasiswa ini pelajar Belanda sendiri akan mendapatkan beasiswa senilai 1,250 Euro untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar Area Ekonomi Eropa. Untuk pelajar internasional di luar Area Ekonomi Eropa, tersedia beasiswa senilai 5,000 Euro untuk studi S-1 atau S-2. Angkatan pertama penerima Holland Scholarship akan berangkat untuk memulai studinya pada tahun akademik 2015 - 2016.

Secara total ada 1.536 beasiswa yang tersedia tiap tahun. Pelajar Indonesia yang membutuhkan informasi studi ini bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di www.studyinholland.nl/hollandscholarship. Adapun tentang beasiswa bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/hollandscholarship.

Adapun Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh Pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal terkait pendidikan tinggi Belanda. Bersama-sama Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, setiap tahun Neso Indonesia menawarkan program beasiswa bagi sekitar 300 warga negara Indonesia dalam bentuk program master dan pelatihan.

Baca juga: Dibuka... Holland Scholarship, Program Beasiswa Terbaru ke Belanda!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.