Kompas.com - 08/04/2015, 16:05 WIB
Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015). KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FPantai Tanjung Kelayang di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015).
|
EditorLatief
DEPOK, KOMPAS.com - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung menyatakan bahwa "Negeri Laskar Pelangi" siap melaksanakan ujian nasional (UN). Dinas pendidikan telah melakukan sosialisasi ke seluruh SMA/SMK yang masing-masing terdiri dari tujuh sekolah untuk tetap menunjukkan kompetensinya pada pelaksanaan UN nanti.

"Segala persiapan sudah dilakukan mulai sosialisasi ke sekolah hingga menunggu persiapan penerimaan naskah UN yang nantinya akan didistribusikan oleh Provinsi Bangka Belitung," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Pryanta, usai Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 di Depok, Selasa (31/03/2015) lalu.

Pryanta menyampaikan, untuk pelaksaan UN berbasis komputer masih belum bisa dilakukan di Kabupaten Belitung. Hal tersebut masih terkendala sarana dan prasaran yang belum menunjang, antara lain ketersediaan jaringan internet yang belum memadai.

"Kalau sarana dan prasarana di wilayah Belitung telah siap, UN berbasis komputer akan bisa dilaksanakan. Target kami pada UN 2016 sudah berbasis komputer," ujar Pryanta.

Pryanta menjelaskan, ada beberapa hal yang diharapkan bisa menyukseskan pelaksanaan UN di wilayah tersebut. Pertama adalah sukses administrasi. Menurut dia, sukses segala persiapan pendataan peserta UN, persiapan dan pendistribusian naskah UN, serta sukseskan kejujuran dalam proses administrasi.

Kedua, suksesnya pelaksanaan UN. Semua pihak akan turut mendukung UN yang bersih dan jujur karena tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan atau pengerjaannya.

"Sehingga tidak ada permasalahan kecurangan dalam pelaksanaan yang akan digelar pada 13 April mendatang untuk tingkat SMA dan SMK," kata Pryanta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, sukses hasil UN. Hal itu bisa diukut dari tidak adanya kecurangan dalam perhitungan hasil akhir dan berhasil mendapatkan nilai yang baik dengan kejujuran sebagai landasan utama dalam proses pengerjaan UN tahun ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.