Kompas.com - 07/10/2015, 16:02 WIB
Gatot Hari Priowirjanto dalam pembukaan Perayaan 50 Tahun SEAMEO di komplek kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Gatot Hari Priowirjanto dalam pembukaan Perayaan 50 Tahun SEAMEO di komplek kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Perayaan lima dekade lahirnya Organisasi Menteri-menteri Pendidikan di Asia Tenggara atau Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Indonesia resmi digelar mulai hari ini, Rabu (7/10/2015). Perayaan tersebut sekaligus merefleksikan komitmen kuat SEAMEO Centre Indonesia untuk terus mendukung kerja sama di bidang pendidikan bersama negara-negara anggota SEAMEO lainnya.

Digelar sampai Kamis (8/10/2015) di di komplek kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, rangkaian acara meliputi pameran, seminar, dan SEAMEO Night. Acara tersebut turut mengundang para akademisi dan masyarakat umum yang berminat dalam bidang pendidikan.

"Pameran hari ini menunjukkan hasil yang telah dilakukan untuk memajukan sumber daya. SEAMEO Indonesia telah memberikan kontribusi besar untuk kualitas pertumbuhan pendidikan dan kemajuan dalam bidang maritim, agrikultur dan turis. Anda juga dapat melihat keberagaman budaya nasional Indonesia di sini," Kata Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Sekretariat SEAMEO, pada pembukaan acara ulang tahun ke-50 SEAMEO, Rabu pagi.

Pameran bertajuk "50 Tahun Kerja Sama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan" itu menghadirkan enam SEAMEO Centre di Indonesia. Acara turut diramaikan oleh sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan SEAMEO, antara lain SMK 37 Jakarta dan SMK Pelayaran, serta komunitas pengerajin hasil karya tradisional khas Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

"Ini merupakan salah satu usaha pembinaan pendidikan kita ke depannya. Ada bantuan untuk sekolah menerapkan pembelajaran matematika yang lebih bagus, misalnya. Ini juga menjadi jembatan komunikasi Asia Tenggara agar anak didik mendapat manfaat lebih baik," ujar Didik Suhardi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang juga hadir pada acara tersebut.

Didik juga mengatakan, hasil kreatifitas dan pembaruan yang dilakukan SEAMEO harus bisa ditularkan ke sekolah sehingga bisa dirasakan manfaatnya untuk guru, siswa, dan kepala sekolah. Nantinya, penelitian atau penerapan ilmu baru dapat langsung dilakukan di sekolah dan sekolah dapat berkembang mandiri menjadi research centre SEAMEO.

Pameran pendidikan tersebut akan dilanjutkan dengan 'SEAMEO NIGHT' sebagai puncak acara malam nanti dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Besok, SEAMEO juga mengadakan seminar bertema "Penguatan Karakter dan Kemampuan Guru Indonesia Menuju Masyarakat Global".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: 50 Tahun Bersatunya Menteri Pendidikan di Asia Tenggara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.