Kompas.com - 30/10/2015, 14:38 WIB
Tak main-main, perguruan tinggi di Jepang juga termasuk yang terbaik se-Asia Pasifik. Peluang beasiswa tanpa ikatan juga terbuka lebar di sana. Dok Fujistaff IndonesiaTak main-main, perguruan tinggi di Jepang juga termasuk yang terbaik se-Asia Pasifik. Peluang beasiswa tanpa ikatan juga terbuka lebar di sana.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Menurut Japan Student Services Organization, Indonesia masuk dalam daftar 10 besar penyumbang pelajar terbanyak ke Jepang. Pada 2014, terdapat 3.188 pelajar yang menempuh pendidikan tinggi di Negara itu.

Wajar saja itu terjadi. Jepang memang menawarkan beragam pesona dan pengalaman, mulai infrastruktur negara yang terkenal apiknya sampai beribu destinasi wisata.

Tak main-main, perguruan tinggi di Jepang juga termasuk yang terbaik se-Asia Pasifik. Peluang beasiswa tanpa ikatan juga terbuka lebar di sana.

Sayangnya, kebanyakan pelajar Indonesia segan karena kendala bahasa. Dibutuhkan kemampuan bahasa Jepang level 1 dan level 2 atau setara dengan jenjang profesional lolos kuliah di Jepang.

Pelajar perlu satu sampai dua tahun untuk ikut sekolah bahasa. Lamanya waktu yang dibutuhkan bukan tidak mungkin membuat mereka berpikir dua kali.

Kelas berbahasa Inggris

Untuk memecahkan masalah itu, Tokyo International University (TIU) menawarkan konsep English Track Program (E-Track). Bahasa Inggris digunakan sebagai pengantar di setiap mata kuliah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

E-Track merupakan langkah dalam menyiapkan sumber daya manusia global dalam jenjang perguruan tinggi. Melalui program ini, mahasiswa internasional bebas belajar dan bergaul bersama.

Pelajar dapat memilih dua jurusan, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Konsep kelas dirancang dalam ukuran kecil agar proses pembelajaran lebih kondusif.

Tak melupakan pentingnya kebutuhan berbahasa Jepang, TIU menyediakan Japanese Plaza untuk program E-Track. Kelas bahasa ini hadir atas permintaan siswa untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.