Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2015, 06:37 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com
– Setelah beroperasi selama hampir satu tahun, kampus Binus ASO School of Engineering (BASE) di Alam Sutera, Serpong, Tangerang, akhirnya resmi dibuka, Jumat (20/11/2015). Dalam acara itu, CEO ASO College Group Takeshi Aso ikut hadir setelah tiba di Jakarta kemarin.

"Kami berkomitmen penuh untuk keberhasilan program ini, baik dari segi fasilitas, laboratorium, peralatan, dan terutama faculty member dari Binus mau pun ASO," ujar Stephen Wahyudi Santoso, Managing Director Binus, pada pers conference peresmian kampus tersebut.

Nantinya, kampus ini akan didukung beragam fasilitas, di antaranya CATIA computer lab, drafting lab, expression technique lab, human integrated system lab, robotic lab, phisic and electronics lab. Sementara untuk kapasitasnya, BASE dirancang mampu menampung sekitar 2.000 mahasiswa.

"Kami juga bekerja sama dengan industri Jepang. (Baru saja) Ada bantuan mesin dari Daihatsu untuk alat praktik mahasiswa karena memang untuk mendidik tenaga kerja yang baik tentu harus ada kerja sama kuat dengan industri," tuturnya.

Kerja sama antara Binus dan ASO School of College merupakan salah satu komitmen dalam mencetak engineer berkualitas di Indonesia. Karena itu, berbeda dengan sekolah teknik lainnya, BASE didesain bersama kedua institusi dengan memadukan kelebihan masing-masing.

"Formatnya memang pendidikan sarjana (S1), tapi karena tuntutan engineer untuk perusahaan Jepang itu membutuhkan skil tinggi maka sistem belajarnya kita desain mirip politeknik," ujar Prof Harjanto Prabowo, Rektor Binus.

Menurutnya, mahasiswa BASE tak hanya dibekali kemampuan hard skill, tapi juga soft skill seperti disiplin dan etos kerja Jepang lainnya, termasuk bahasa Jepang.

"(Kami memilih Indonesia) Karena potensi yang ada di Indonesia. (Di sini) Banyak perusahaan Jepang dan kami akan menggunakan koneksi dengan perusahaan tersebut (untuk membuka) kesempatan baik bagi lulusan BASE," timpal Takeshi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com