Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kaitannya Taylor Swift dan Teka-teki Silang?

Kompas.com - 29/07/2016, 11:46 WIB

KOMPAS.com - "Fighting with him was like trying, to solve a crossword and realizing there's no right answer." - Taylor Swift "Red".

Syair lagu Taylor Swift di atas bukanlah suatu hal yang mengada-ada, terutama bagi penggemar teka-teki silang atau TTS Pilihan Kompas 'Anti Pikun & Anti Stres'. Apa hubungannya?

Mengisi TTS bisa menjadi hal sangat mengasyikkan dan menantang. Tak lain, karena ada satu atau dua petunjuk yang belum dapat dipecahkan dan membuat Anda bertanya sana-sini untuk mendapatkan jawabnya. Sebegitu sulit, sampai seakan tak ada jawabannya.

Teka-teki Silang

Siapa penemu TTS? Urusan si penemu memang masih diperdebatkan. Tetapi, kita dapat menunjuk Arthur Wynne dari Liverpool sebagai penemu bentuk TTS yang kita kenal sampai saat ini.

Wynne dianggap sebagai orang yang memopulerkan permainan ini. Dia menerbitkan TTS di media massa pada 21 Desember 1913 di koran Minggu The New York World dengan bentuk belah ketupat. Setelah itu, semakin banyak koran dan majalah yang menjadikan TTS sebagai salah satu rubrik tetap mereka.

Bahkan, mulai muncul buku TTS yang mengumpulkan TTS pilihan dengan berbagai tema maupun tingkat kesulitan seperti TTS Pilihan Kompas ini. Sampai saat ini, masih TTS menjadi salah satu permainan paling populer di dunia.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang TTS, ada tujuh hal yang dapat kita pertimbangkan untuk mengisi waktu luang dengan permainan sederhana ini. Simak berikut ini:

1. Segala persoalan ada jawabannya

Mengisi TTS dimulai dengan menjawab petunjuk yang akan mengantar pengisinya pada kotak-kotak putih yang harus diisi dengan huruf-huruf mendatar atau menurun. Susunan huruf tersebut akan membentuk kata sesuai petunjuk yang perlu diikuti.

Tapi, sering kali, persilangan antara kotak mendatar dan menurun membantu pengisi dalam mengisi TTS. Semakin lama terbiasa mengisinya, semakin mudah orang mencari bantuan jawaban dari persilangan kata yang telah diisi itu.

Selain keasyikan, orang juga merasakan kepuasan setelah menjawab. Orang akan semakin paham bahwa segala persoalan dalam TTS itu memuat jawaban.

TTS bukanlah misteri yang tak dapat terpecahkan. Ia laiknya teka-teki sehingga pasti ada jawabannya. Dengan keyakinan bahwa TTS pasti memuat jawaban, orang akan semakin terpacu untuk berusaha mengisinya. Inilah janji yang ditawarkan oleh TTS; segala persoalan memuat jawaban!

2. Siapkan senjata utama

Seperti sudah diketahui umum, dengan mengisi TTS pengetahuan orang akan semakin luas. Mereka yang memiliki pengetahuan luas dapat mengisi TTS dengan mudah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com