Kompas.com - 25/08/2016, 11:23 WIB
Amerika Serikat menjadi salah satu destinasi studi favorit di dunia. THINKSTOCKPHOTOSAmerika Serikat menjadi salah satu destinasi studi favorit di dunia.
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu tujuan pendidikan mahasiswa luar negeri. Setidaknya, saat ini ada 750.000 mahasiswa internasional yang belajar di sana (www.idp.com).

Alasannya masuk akal, meskipun biaya hidup yang dibebankan lebih mahal dibandingkan dengan kawasan lain. Di Amerika Serikat berdiri banyak perguruan tinggi top dunia. Peringkat Times Higher Education World University 2016 menunjukkan, 9 dari 10 perguruan tinggi terbaik dunia berada di sana.

Melihat fakta itu, terbayang sulitnya berkuliah di sana. Namun, jangan berkecil hati dulu. Situs web educationusa.state.gov merangkum, persiapan yang perlu dilakukan calon mahasiswa cukup lima langkah. Simak poin-poinnya:

Riset

Hal pertama yang harus dilakukan calon mahasiswa adalah riset. Kumpulkan data terkait perencanaan kuliah.

Cari informasi kampus, jurusan, dan kawasan tempat tinggal selengkap mungkin. Biasanya calon mahasiswa sudah punya target jurusan yang akan diambil.

Nah, untuk menentukan perguruan tinggi terbaik, pilih saja kampus yang memprioritaskan jurusan sesuai dengan pilihan tadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi, calon mahasiswa tak perlu terpatok pada urusan peringkat kampus. Ingat, di AS tak ada peringkat kampus yang abadi. Maka dari itu, calon mahasiswa perlu bijak memilih kampus sesuai kebutuhan dan kemampuan, baik dari sisi akademik, finansial, maupun kepribadian.

Perencanaan finansial

Di AS, biaya hidup bervariasi tergantung lokasi kampus. Karenanya, tidak ada patokan berapa biaya hidup untuk tinggal di sana.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.