Kompas.com - 02/03/2017, 22:27 WIB
Goldsmith, University of London GoldsmithGoldsmith, University of London
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Setiap negara dan universitas punya permintaan berbeda. Begitu juga dengan Inggris dan perguruan tingginya.

Agar sukses menembus universitas yang diinginkan dan tidak sengsara di Inggris, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melamar. Apa saja?

Biaya

Biaya tentu faktor penting. Kesan pendidikan di Inggris adalah mahal. Namun sebenarnya, itu tergantung pada pilihan jurusan, kota tempat studi, serta lama studi.

Berkunjung ke sejumlah kota di Inggris pada November 2016 lalu dan menemui pelajar Indonesia, Kompas.com mendapat gambaran tentang biaya kuliah dan hidup di Inggris.

Biaya kuliah untuk mahasiswa Indonesia lebih mahal dari warga lokal ataupun Uni Eropa. Baik untuk program S-1 ataupun S-2, biayanya berkisar antara 16.000 - 40.000 Pound Sterling.

Program studi sangat mempengaruhi biaya yang dibayar. Program kedokteran misalnya, biayanya bisa mencapai 32.000 - 40.000 Pound Sterling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, biaya hidup bervariasi tergantung kota. Di London, paling tidak harus menyediakan uang 1.250 Pound Sterling per bulan, mencakup biaya tempat tinggal, makan, dan transportasi.

Sementara menurut penuturan Janu Muhammad, mahasiswa Indonesia di University of Birmingham, di kotanya biayanya bisa lebih murah.

"Birmingham itu seperti Jogja. Murah. Untuk tempat tinggal 500 Pound Sterling sudah bagus," katanya. Total biaya hidup sebulan bisa antara 900 - 1000 Pound Sterling

Bahasa

Untuk hal ini, setiap universitas dan jurusan pun punya permintaan berbeda. Perbedaan bukan dibuat-buat, tetapi terkait dengan proses studi.

Gilbert Sanjaya, mahasiswa Indonesia di University of Oxford menuturkan, kualifikasi bahasa di universitasnya tergolong tinggi. "Biasanya IELTS minimal 7, bahkan ada yang minta 8," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.