Kompas.com - 27/04/2017, 10:01 WIB
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com
 - Sejak 2016, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung membebaskan biaya kuliah pendidikan kedokteran bagi mahasiswa baru. Sejak itu pun, bayangan mahal akan biaya kuliah kedokteran seakan tak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, tak berarti jalan masuk program kuliah kedokteran di kampus itu mudah. Ada syarat dan perjanjian yang harus dipenuhi calon mahasiswa bila ingin mengenyam program studi sarjana pendidikan dokter dan pendidikan dokter spesialis di sana.

Semua mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unpad harus bersedia ditempatkan di daerah mana pun di wilayah Jawa Barat begitu lulus.

Dikutip melalui Kompas.com, Selasa (21/01/2016) jika tidak memenuhi kesepakatan tersebut, ijazah tidak akan diberikan. Kesepakatan antara mahasiswa dan universitas pun dituangkan dalam perjanjian.

Pada dasarnya, program tersebut diadakan karena sejumlah daerah di Jawa Barat mengalami kekurangan tenaga medis khusus dokter.

Maka dari itu, pemerintah daerah bekerja sama dengan Unpad dalam penyediaan dokter. Akhirnya, semua biaya kuliah pun ditanggung Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Thinkstockphotos Ilustrasi

"Lama mengabdi  akan disamakan dengan berapa tahun masa kuliah (mahasiswa). Jadi, kalau kuliah 5 tahun, dia harus mengabdi selama 5 tahun," ujar Koordinator Seleksi Masuk Unpad, Denie Heriadi dalam konferensi pers Seminar Pendidikan BTA Group, dilansir dari Kantor Berita Antara, Minggu (21/02/2016).

Program serupa

Di Kalimantan Barat (Kalbar) ada program serupa. Hanya saja, kuota mahasiswa yang dibiayai belum banyak.

Setiap kabupaten dan kota di provinsi tersebut membiayai kuliah tiga mahasiswa asal daerahnya di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak. Total akumulasi biayanya sebesar Rp 1 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.