Kompas.com - 15/02/2018, 20:05 WIB

JAKARTA,  KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini dibuka melalui tiga jalur.

Calon mahasiswa bisa menjalani Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Dalam laman snmptn.ac.id, Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi mengatakan, SNMPTN merupakan seleksi penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat.

SNMPTN dilaksanakan serentak secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun, pemerintah menanggung biaya pelaksanaan SNMPTN. Dengan begitu, peserta seleksi tidak dipungut biaya apa pun.

(Baca: Hari Ini...Pengumuman SNMPTN Bisa Dilihat di Kompas.com)

Peserta dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN

Pengisian dan verifikasi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS): 13 Januari-10 Februari 2018

Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2018

Pengumuman Hasil Seleksi: 17 April 2018

Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi: 8 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2018)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.