5 Tips Orangtua Siapkan UN SMP

Kompas.com - 20/04/2018, 18:08 WIB
Ilustrasi anak belajar matematika ThinkstockIlustrasi anak belajar matematika

KOMPAS.com -  Ujian Nasional ( UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilaksanakan minggu depan, 23 - 26 April 2018. Persoalan UN SMA yang sempat menjadi viral membuat orangtua cemas dalam mendampingi UN tingkat SMP.

Konselor remaja, Erna Ningsih A, Md. T.W, S. Psi. kepada KOMPAS.com (20/4/2018) memberikan 5 strategi kepada orangtua dalam mendampingi anak menyiapkan UN mendatang.

1. Pahami gaya belajar anak.

"Ada anak yang mudah belajar dengan membaca namun ada pula anak yang perlu menulis atau mendengarkan agar cepat memahami pelajaran. Orangtua perlu mengetahui gaya belajar anaknya baik visual, audio atau kinestetis agar efektif dalam mendampingi belajar," Erna menyampaikan.

2. Dampingi saat belajar.

Mendampingi anak dalam belajar akan jauh memberikan dukungan positif daripada hanya terus menyuruh atau mengingatkan saja. Pendampingan di sini bukan hanya mengawasi namun terlebih memberi dukungan.

3. Mengajarkan sugesti positif.

Memberi sugesti positif kepada anak dapat dilakukan dengan cara sederhana. Misal, menuliskan harapan atau target di secarik kertas kemudian menempatkan di meja belajar. Atau sebaliknya, orangtua dapat meminta anak menulis kecemasannya pada selembar kertas kemudian dibaca dan dibuang atau dibakar.

4. Kesempatan beristirahat.

Kekhawatiran orangtua seringkali membuat orangtua menekan anak untuk terus menerus belajar. Padahal anak butuh jeda dan istirahat untuk menyegarkan pikiran. Mengajak nonton, minum atau makan kesukaan anak dapat menjadi sarana agar anak siap kembali belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X