6 Tips Siapkan USBN SD Mendatang

Kompas.com - 01/05/2018, 19:28 WIB
Suasana program motivasi jelang pelaksanaan USBN di SD Kemurnian 1, Jakarta (1/5/2018) Dok. Bright Life IndonesiaSuasana program motivasi jelang pelaksanaan USBN di SD Kemurnian 1, Jakarta (1/5/2018)

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) SD akan berlangsung 3 - 5 Mei 2018. Tiga materi akan diujikan pada USBN tahun ini yakni matematika, bahasa Indonesia dan IPA.

Selain aspek akademis, orangtua juga perlu mempersiapkan mental anak agar siap menghadapi USBN.

Trainer, motivator remaja dan pendiri Bright Life Indonesia Danang Kurniawan memberikan beberapa tips kepada Kompas.com mengenai 5 hal yang dapat dilakukan orangtua dalam menyiapkan mental anak.

1. Fokus pada cita-cita

Salah satu hal yang membuat anak khawatir adalah ketika mereka salah fokus. Banyak anak menjadi cemas kemudian 'salah fokus' pada soal yang sulit, hasil ujian jelek, dan kegagalan, jelas Danang.

Ajak anak untuk kembali fokus pada tujuan dan cita-cita mereka. Misal, SMP pilihan atau cita-cita mereka. Ajak anak-anak miliki tujuan dan cita-cita dan jadikan hal itu sebagai fokus dalam benak mereka, sarannya.

Minta anak-anak untuk berani membayangkan diri meraih cita-cita tersebut.

2. Bangun keberanian

Beri penjelasan bahwa setelah menjalani pendidikan selama 6 tahun maka mereka akan siap menghadapi USBN. Tidak ada lagi alasan untuk takut apalagi untuk mundur, tambahnya.

Buat mereka berani menghadapi USBN 'hanya' sebagai proses untuk melangkah ke tingkat yang lebih tinggi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X