KILAS

Program Keahlian Ganda Jalan untuk Sukseskan Revitalisasi SMK

Kompas.com - 05/05/2018, 09:03 WIB
Diklat Guru Keahlian Ganda di PPPPTK BOE Malang Diklat Guru Keahlian Ganda di PPPPTK BOE Malang


KOMPAS.com - Program Keahlian Ganda merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud)  dalam rangka melaksanakan program nasional revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK).

Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden  (Inpres) No. 9 Tahun 2016 tentang “Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.” 

Di dalam Inpres tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memerintahkan untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi tenaga pendidik.

Agenda meningkatkan kompetensi dan jumlah tenaga pendidik sangat relevan untuk segera dilaksanakan mengingat jumlah guru produktif di SMK masih sangat kurang.

(Baca: Program Guru Keahlian Ganda Atasi Kekurangan Guru Produktif)

Berdasarkan data Kemendikbud, pada 2016 diperlukan 335.821 guru produktif.

Saat itu, guru produktif di SMK  hanya berjumlah 100.552, yang terdiri dari adalah 40.098 orang guru berstatus PNS dan 60.482 orang guru bukan PNS.

Dengan demikian, kekurangan guru produktif di SMK sejumlah 235.269 orang. Kekurangan ini tersebar pada semua kompetensi keahlian.  

Dari jumlah guru produktif  tersebut, sangat minim yang memiliki sertifikat kompetensi keahlian.

(Baca: Jumlah Guru Produktif di SMK Meningkat)

Masalah ini perlu segera dipecahkan mengingat arah orientasi program nasional revitalisasi SMK adalah mencetak lulusan yang memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi keahlian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X