Berbasis Pendidikan, Kompas Gramedia Dukung Revitalisasi SMK

Kompas.com - 07/05/2018, 20:27 WIB
Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi turut hadir dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK ke-26 (7/5/2018) Dok. Kompas GramediaGubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi turut hadir dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK ke-26 (7/5/2018)

KOMPAS.com -  Kompas Gramedia sebagai perusahaan yang berbasis pada pendidikan turut mendukung pendidikan termasuk revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK).

Hari ini melalui acara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional, kami kagum melihat langsung kompetensi siswa SMK Indonesia yang ternyata sangat luas dengan keberagaman bidang keahliannya, dan tentu dengan kualitas yang patut dibanggakan," ujar Saiful Bahri selaku General Manager Corporate Communication Kompas Gramedia. 

Dukungan Kompas Gramedia adalah salah satu upaya kami untuk turut membantu perkembangan dan relevansi siswa-siswi SMK di dunia kerja saat ini, tambah Saiful Bahri.

Bentuk dukungan ini diberikan dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan sebanyak 12 buah untuk kategori lomba perhotelan. 

Baca juga: Bantuan 169 Miliar bagi Revitalisasi SMK

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Grup Hotel Santika yang merupakan unit usaha dari Kompas Gramedia.

Sembilan di antaranya beasiswa pendidikan untuk D3 Fakultas Perhotelan UMN sedangkan tiga lainnya studi di Santika Training Center selama enam bulan dan akan langsung disalurkan bekerja di jaringan Group Hotel Santika. 

Diperkirakan 3.500 peserta hadir dalam rangkaian LKS SMK Nasional 2018.Dok. Kompas Gramedia Diperkirakan 3.500 peserta hadir dalam rangkaian LKS SMK Nasional 2018.

Beasiswa Kompas Gramedia ini diberikan saat berpartisipasi dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional ke-26 bertema “Generasi Muda ‘Zaman Now’ yang Berkompeten dan Berkarakter” yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (07/05).

LKS merupakan kompetisi tahunan antar siswa SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan. LKS setara dengan OSN atau Olimpiade Sains Nasional yang diadakan di jenjang SMA. Pemenang LKS tingkat nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia).

Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi baik di tingkat kabupaten dan provinsi.

LKS SMK tingkat nasional sekaligus menjadi puncak dari peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018. Tahun ini LKS menyertakan 56 bidang lomba diantaranya 2 bidang lomba daring (online), 5 bidang lomba SEACC (SouthEast Asian Creative Cam) dan 49 bidang lomba luring (offline).

Selain dukungan dari UMN dan Group Hotel Santika, Gramedia juga mengadakan ‘Pameran Buku Murah’ di acara LKS SMK 2018. yang dihadiri lebih dari 3.500 siswa dan guru SMK seluruh Indonesia

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X