Kompas.com - 20/05/2018, 14:48 WIB
Ilustrasi Pembelajaran Online Dok. QuipperIlustrasi Pembelajaran Online

KOMPAS.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir terus mendorong tumbuhnya sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau Online Learning. 

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia siap menghadapi tantangan era revolusi 4.0 berbasis teknologi.

Selain sektor formal, saat ini telah banyak perusahaan teknologi pendidikan yang memberikan layanan pembelajaran sistem daring atau online baik untuk tingkat pendidikan tinggi, menengah maupun pendidikan dasar.

Melihat perbedaan mendasar pembelajaran berbasis online dan tradisional atau tatap muka di kelas, bagaimana agar pembelajaran sistem daring dapat memberikan hasil yang optimal?

"Efektifitas belajar online dapat dilihat dari berbagai sisi, salah satunya dari 'gaya belajar' siswa sendiri," Tri Nuraini, PR dan manager marketing Quipper Indonesia.

Baca juga: Membuka Akses Literasi Pembelajaran Digital

 

Kepada Kompas.com, Tri memberikan tips agar proses pembelajaran secara online dapat memberi hasil optimal:

1. Cari waktu dan tempat nyaman

Pemilihan waktu dan tempat dapat disesuaikan kepribadian. Misalnya, ada yang senang belajar sendirian di kamar malam hari atau belajar di luar misalnya di kafe atau taman bersama teman.

Tujuannya untuk membangun mood dalam belajarSemakin mood , pelajaran akan lebih mudah diserap, jelas Tri.

2. Membangun support system

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X