Kunci Keberhasilan? Tekad

Kompas.com - 21/05/2018, 21:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Angela Lee Duckworth, 48 tahun, adalah seorang akademisi, psikolog, dan penulis sains populer asal Amerika. Dalam penelitian pasca sarjananya ia menemukan bahwa IQ bukanlah kunci penentu keberhasilan seseorang.

"Hal yang mengagetkan saya adalah IQ bukanlah satu-satunya pembeda antara siswa terbaik dan terburuk saya. Beberapa dari mereka yang mendapatkan nilai terbaik tidak memiliki IQ yang luar biasa tinggi. Sebaliknya, beberapa dari anak-anak yang paling cerdas tidak begitu berhasil," jelas Angela pendiri dan CEO Character Lab, organisasi nirlaba yang memiliki visi memajukan ilmu pengetahuan dan praktek pengembangan karakter.

Berdasarkan pengalaman, seberat atau sesulit apapun materi pelajaran ia sangat yakin bahwa setiap murid dapat mempelajari materi tersebut jika mereka bekerja cukup keras dan lama.

Setelah beberapa tahun mengajar, Angela menyimpulkan bahwa yang diperlukan dalam pendidikan adalah pemahaman yang lebih baik tentang murid dan pembelajaran dari sudut pandang motivasi, dari sudut pandang psikologis. 

Bukan IQ.

Dalam pendidikan pascasarjana psikolog Angela mempelajari anak-anak dan orang dewasa dari semua jenis latar belakang dengan satu pertanyaan: Siapa yang akan berhasil dan mengapa? 

Angela dan tim penelitian pergi ke Akademi Militer West Point dan mencoba untuk memprediksi calon perwira mana yang akan tetap tinggal di pelatihan militer dan siapa yang akan keluar. 

Baca juga: 5 Tugas Kekinian Guru

Tim penelitinya juga pergi ke "National Spelling Bee" (Lomba Mengeja Nasional) dan mencoba memprediksi anak-anak mana yang akan maju terjauh dalam kompetisi.

Mereka juga mempelajari guru-guru baru yang bekerja di lingkungan yang benar-benar sulit, dan memprediksi guru-guru mana yang masih akan tetap mengajar pada akhir tahun ajaran sekolah, dan siapa di antara mereka yang paling efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran bagi siswa mereka? 

Penelitian juga bermitra dengan perusahaan-perusahaan swasta, dan meneliti siapakah di antara staf marekting yang paling bertahan dalam pekerjaan? Siapa yang akan menghasilkan uang paling banyak? 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X