Ini Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Kompas.com - 23/05/2018, 21:43 WIB
ilustrasi Public Domain via Pixabayilustrasi

KOMPAS.com - Terkadang ada pertanyaan seperti ini bagi calon mahasiswa yang mau mengambil jurusan kuliah atau program studi (prodi) tentang teknologi informasi: apakah mengambil "TEKNIK INFORMATIKA" atau "SISTEM INFORMASI"?

Perbedaan dari jurusan teknik informatika dan sistem informasi mungkin mirip dengan perbedaan jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat. Yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial.

Dokter bertugas mengobati orang sakit, sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelola rumah sakit. Misal menjadi kepala rumah sakit, puskesmas, atau lembaga kesehatan lain.

Dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara dan Universitas Indonesia, berikut perbedaan dari kedua prodi tersebut:

Teknik Informatika

Kemampuan: Menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.

Variasi nama prodi: Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

Kurikulum: Kurikulumnya sangat kental ilmu pengetahuan terkait logika matematika, komputasi, dan algoritma yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.

Cakupan ilmu: Spektrumnya sangat beragam dari sangat teoritis dan algoritmis hingga bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.

Cakupan bidang: Mencakup bidang komputasi meliputi pemrograman, perancangan dan analisis algoritma, arsitektur komputer, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak, analisis numerik, dsb.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X