Kompas.com - 07/06/2018, 22:17 WIB

KOMPAS.com - Ujian Nasional Perbaikan (UNP) akan digelar Juli mendatang. Peserta didik yang merasa perlu untuk melakukan perbaikan nilai dapat mendaftarkan diri ke satuan pendidikan atau sekolah yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan UNP.

Namun UNP ini hanya diberlakukan bagi peserta didik SMA atau sederajat. Ujian akan dilaksanakan tanggal 24-26 Juli 2018 di satuan-satuan pendidikan yang telah ditetapkan, serta dilakukan dengan metode Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Mengapa siswa SMP tidak memiliki kesempatan yang sama untuk memperbaiki nilai? Menanggapi pertanyaan sebagian masyarakat tersebut, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menjelaskan, pemerintah kini sedang mendorong wajib belajar dua belas tahun.

Dengan demikian, Ujian Nasional tidak menjadi kendala bagi peserta didik jenjang SMP yang akan meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SMA atau sederajat. Selain itu, usia peserta didik SMP yang masih tergolong di bawah umur, tidak diproyeksikan untuk memasuki dunia kerja dalam waktu dekat.

Baca juga: Video 'Surat Wali Kelas' bagi Orangtua Galau Jelang Bagi Rapor

“UN tidak menjadi kendala meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau pun bekerja. Kalau SMP bekerja, masih di bawah umur, jadi tidak ada ujian perbaikan untuk SMP,” tegas Bambang di Kemendikbud, Senayan.

Peserta didik SMA atau SMK memiliki dua pilihan ketika lulus, yaitu untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan ujian perbaikan.

Tahun ini, Ujian Nasional Perbaikan dapat diikuti oleh peserta UN tahun pelajaran 2016/2017 dan 2017/2018 pada satuan pendidikan SMA/MA, SMK/MAK atau Paket C. Informasi mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan dapat diakses melalui laman unp.kemdikbud.go.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.