5 Tips Mudik Menyenangkan Bersama Si Kecil

Kompas.com - 13/06/2018, 21:28 WIB
Ilustrasi mudik sekeluarga. Thinkstock/iStockIlustrasi mudik sekeluarga.

KOMPAS.com -  Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri. Orangtua tentu perlu mempersiapkan secara matang agar perjalanan jauh saat puasa tetap nyaman dan lancar terlebih jika harus membawa bayi atau anak kecil.

Yuk, simak tips mudik dengan anak yang nyaman dan aman berikut ini:

1. Periksa kondisi kendaraan

Pastikan kondisi fisik dan mesin mobil dalam keadaan sempurna. Kondisi kendaraan yang baik menjamin keselamatan keluarga.

Selain itu, kondisi mobil yang baik tentu membuat perjalanan terasa nyaman, tak terkecuali untuk si kecil. Memeriksakan kendaraan ke bengkel sebelum mudik membantu mencegah segala kemungkinan terburuk selama di perjalanan nanti, seperti ban bocor atau mogok.

2. Pilih waktu tepat

Pilih waktu berangkat mudik saat si kecil biasanya istirahat, contohnya saat jam tidur siang anak. Selain mencegah anak rewel, berkendara di siang hari juga lebih aman karena membuat proses mengendarai kendaraan dapat lebih fokus dan waspada untuk membaca situasi-kondisi jalanan ketimbang mudik di malam hari.

Bila tidak hati-hati, menyetir saat ngantuk justru akan membahayakan keluarga.

3. Siapkan makanan dan keperluan anak

Pastikan orangtua sudah melengkapi segala perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat bepergian; mulai dari peralatan mandi, selimut, popok, baju ganti, mainan, hingga obat-obatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X