5 Alasan Kenapa Harus Mengajak Anak Menyiapkan Hidangan Idul Fitri - Kompas.com

5 Alasan Kenapa Harus Mengajak Anak Menyiapkan Hidangan Idul Fitri

Kompas.com - 14/06/2018, 11:53 WIB
Ilustrasi ayah dan anak memasakjacoblund Ilustrasi ayah dan anak memasak

KOMPAS.com - Sibuk menyiapkan hidangan untuk perayaan Idul Fitri? Di hari raya Lebaran, akan banyak hidangan khas tersaji di meja makan sebagai jamuan makan untuk seluruh anggota keluarga. Tentu memerlukan tenaga ekstra untuk menyiapkan sajian khusus di hari spesial ini. 

Dalam mempersiapkan, tidak ada salahnya mengajak anak memasak bersama dalam mempersiapkan hidangan saat Hari Raya Idul Fitri.

Akun instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan 5 manfaat masak bersama anak:

1. Melatih motorik, belajar dan menciptakan memori

Memasak bersama menyiapkan hidangan Lebaran tidak saja melatih motorik anak melalui berbagai kegiatan di dapur namun juga dapat menciptakan memori yang indah bersama keluarga.

Orangtua dapat sekaligus memperkenalkan nilai-nilai keutamaan yang ada dalam perayaan Lebaran.

Baca juga: 5 Tips Mudik Menyenangkan Bersama Si Kecil

2. Memperkuat hubungan orangtua dan anak 

Memasak bersama anak merupakan salah satu kegiatan yang dapat memperkuat hubungan antara orangtua dan anak.

3. Melatih kerjasama

Ketika memasak anak akan berlatih kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ada pembagian tugas, saling membantu dan juga tugas yang dapat dibagi untuk sampai pada tujuan yang sama: menciptakan hidangan Idul Fitri yang lezat.

4. Menghargai proses

Ketika anak terlibat dalam proses memasak bersama orangtua mulai dari bahan mentah hingga menjadi makanan yang siap tersaji di meja makan, anak akan belajar menghargai proses. Kesulitan dan tantangan yang dihadapi akan semakin membuat anak menghargai masakan yang tersaji.

5. Berlatih berpikir menyeluruh

Ajak anak dalam seluruh proses, mulai dari menyusun menu, berbelanja bahan baku, memasak hingga menghias makanan di meja makan. Tahapan ini akan mengajarkan anak bagaimana anak berpikir secara sistematis dan menyeluruh mulai dari perencanaan hingga pengerjaan dan penyelesaian tugas.


Komentar
Close Ads X