Kompas.com - 15/06/2018, 16:20 WIB
ilustrasi televisi AndreyPopovilustrasi televisi

KOMPAS.com - Berbagai penelitian dan didukung fakta sosial di masyarakat menunjukkan, tayangan film atau sinetron di televisi memiliki pengaruh yang kurang baik terhadap terhadap anak dalam hal kemampuan bersosialisasi, kemampuan verbal dan timbulnya perilaku konsumtif serta agresivitas.

"Anak-anak merupakan peniru ulung, apabila anak-anak menonton televisi tanpa kontrol, dampaknya akan negatif, anak akan meniru apa saja yang dilihat," kata Sukmanoor Akbar‎, psikolog dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dikutip dari Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

‎Menurutnya, perkembangan kognitif anak masih belum dapat mencerna untuk membedakan mana yang baik dan buruk.

Terlebih saat liburan, anak akan terpapar lebih banyak waktu di depan TV dibandingkan saat sekolah. Karena itu, menurut Sukmanoor, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua adalah:

1. Orang tua harus menyaring tayangan yang layak atau tidak layak ditonton oleh anak.

Baca juga: 5 Langkah Mengajarkan Anak Meminta Maaf

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Tetapkan juga aturan, kapan anak boleh menonton televisi dan kapan orang tua harus memberikan kebebasan pada anak untuk nonton televisi.

3. Hindari menaruh televisi di kamar anak dan ajaklah anak mengerjakan sesuatu atau hiburan lain sehingga anak tidak selalu menjadi televisi sebagai satu-satunya hiburan di rumah.

4. Perhatikan waktu tayang, jenis film dan istirahat si anak agar anak mudah menyesuaikan diri.

5. Diskusi dan berceritalah setelah menonton televisi dan berikan nilai-nilai positif untuk mengembangkan kemampuan moral anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.