Jakarta Raih Juara Umum OSN 2018 - Kompas.com

Jakarta Raih Juara Umum OSN 2018

Kompas.com - 09/07/2018, 15:14 WIB
Evander peserta OSN-SD Tahun 2018 bidang Matematika, mendapatkan penghargaan sebagai peserta termuda pada OSN-SD Tahun 2018.Dok. Kemdikbud Evander peserta OSN-SD Tahun 2018 bidang Matematika, mendapatkan penghargaan sebagai peserta termuda pada OSN-SD Tahun 2018.

KOMPAS.com - Provinsi DKI Jakarta kembali meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional ( OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat.

Sebanyak 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu diraih peserta dari DKI Jakarta. 

Juara kedua OSN 2018 diraih Provinsi Jawa Timur dengan perolehan 13 medali emas, 18 medali perak, dan 26 medali perunggu. Provinsi Banten berada di peringkat ketiga memperoleh 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018.

Mendikbud berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Mendikbud dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: OSN 2018: Fisika Itu Menyenangkan

OSN ke-17 kali ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Mendikbud mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, lapangan terbang, dan lainnya.

Infrastruktur itu tak akan ada manfaatnya jika tidak disiapkan dengan sungguh-sungguh sumber daya manusia yang mengoperasikan infrastruktur tersebut.

“Kita butuh menyiapkan teknokrat-teknokrat yang akan mengisi teknostruktur dan kita butuh orang-orang yang menguasai teknologi itu sekaligus kreatif,” tambah Muhadjir.

Pemerintah sangat mengapresiasi daya dan upaya yang maksimal kepada pemerintah daerah Sumatra Barat yang telah mendukung penyelenggaraan OSN tahun ini sehingga berjalan baik dan lancar.


Komentar
Close Ads X