Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penguatan Karakter Lewat Lomba Gugus Depan Unggul

Kompas.com - 14/07/2018, 22:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional Tahun 2018.

Lomba di tingkat nasional akan dilaksanakan pada 6 - 11 Agustus 2018 mendatang bertempat di Kota Malang.

Dikutip dari laman resmi Direktorat Pendidikan Dasar, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan pembinaan tata kelola gugus depan yang berpangkalan di sekolah dasar untuk mendorong percepatan program Penguatan Pendidikan Karakter yang menjadi prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

1. Melalui 3 tahap kegiatan 

Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan:

  • Tahap pertama seleksi portofolio calon peserta.

Dinas Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka menentukan 10 Gugus Depan sebagai kandidat provinsi dengan mengirimkan portofolio Gugus Depan.

Selanjutnya Tim Penilai portofolio dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Pusdiklatnas Gerakan Pramuka menyeleksi portofolio untuk ditetapkan 4 gugus depan yang akan divisitasi di tiap provinsi.

  • Tahap kedua adalah Visitasi Gugus Depan di tiap provinsi.

Tim Visitasi dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Pusdiklatnas Gerakan Pramuka melakukan verifikasi untuk menentukan 1 gugus depan yang akan mewakili tiap provinsi berlomba di tingkat nasional.

  • Tahap ketiga adalah pelaksanaan Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria di Tingkat Nasional.

2. Pembinaan pramuka sebagai pembentukan karakter

Dalam Lomba Gugus Depan Unggul, Kamabigus (kepala sekolah) akan berkompetisi mempresentasikan keunggulan gugus depan-nya dan Pembina Gugus Depan akan menyajikan makalah best pactices proses pembinaan peserta didik gugus depan.

Baca juga: Hari Pertama Sekolah Jangan Lupa Bertukar Nomor HP

 

Sedangkan regu penggalang putera dan puteri akan berlomba unjuk keterampilan kepramukaan dan wawasan dalam Festival Penggalang Ceria.

Tanggal 2 - 6 Juli 2018 telah dilaksanakan proses Visitasi Gugus Depan calon peserta secara serentak di tingkat provinsi untuk menentukan satu Gugus Depan yang akan mewakili provinsi berlomba di tingkat nasional.

Mengingat peran penting pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembangunan kepribadian dan keterampilan hidup, serta penguatan nation and character building bagi anak-anak Indonesia.

3. Konsep rekreatif dan edukatif 

Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional dikemas dalam konsep kegiatan Rekreatif-Edukatif. Meskipun dalam suasana kompetitif lomba, namun tetap dilaksanakan dalam nuansa keceriaan dan keakraban.

Sebagai suplemen kegiatan ini, peserta akan mengikuti workshop pengembangan Gugus Depan yang dipandu oleh tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, seminar pencegahan narkoba di lingkungan pendidikan dengan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Tour Edukasi untuk menambah wawasan peserta.

Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta termotivasi untuk terus menerus mengembangkan gugus depannya sebagai pusat penguatan pendidikan karakter. Dengan demikian, pengembangan gugus depan di sekolah dasar dapat menjadi pemercepat ketercapaian program prioritas Kemendikbud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com