Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Swafoto Hari Pertama Sekolah

Kompas.com - 15/07/2018, 15:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Besok, Senin, 16 Juli 2018, adalah hari pertama masuk sekolah. Orangtua tentu sangat antusias mengantar anak dan menyapa para guru di tahun ajaran baru

Pada momen bahagia ini, seperti biasa kita tentu bersemangat pula mengunggah dan menyebarkan foto-foto seru bersama anak di media sosial

Namun perlu diingat, media sosial juga menyimpan bahaya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatian sebelum menyebarkan foto anak secara daring di media sosial.

Ada banyak bahaya perlu diwaspadai mulai dari kejahatan pedofilia (predator anak), penculikan, pencurian identitas, perundungan, perampokan dan bahaya lainnya.

Forum Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membagikan 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunggah foto hari pertama masuk sekolah anak:

1. Jangan memasang nama lengkap anak seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, momor telepon dan lainnya.

Baca juga: Hari Pertama Sekolah Jangan Lupa Bertukar Nomor HP

2. Hati-hati, pastikan fitur geo-tagging (penanda lokasi) telah dimatikan sebelum memutuskan memasang atau menggungah foto anak.

3. Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkunga dekat yang dapat dipercaya. Hindari membagi foto pada masyarakat luas. Setiap media sosial dilengkapi fitur mengatur jenis privasi foto dan peredaran foto.

4. Jangan memasang foto yang memungkinkan anak nantinya mendapat pelecehan, perundunggan/buli, dan penghinaan.

5. Pikirkan dari sudut pandang anak. Apakah nanti ia akan senang dengan foto yang dipasang atau malah akan merasa malu atau sedih.

6. Jangan memasang foto anak lain tanpa seiizin orangtuanya.

7. Ajak keluarga atau teman untuk berhati-hati saat memasang foto anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com