Sampaikan 3 Hal Penting Ini pada Guru di Hari Pertama Sekolah - Kompas.com

Sampaikan 3 Hal Penting Ini pada Guru di Hari Pertama Sekolah

Kompas.com - 15/07/2018, 20:19 WIB
Dokumentasi suasana Kelas Inspirasi Jakarta.KELAS INSPIRASI JAKARTA Dokumentasi suasana Kelas Inspirasi Jakarta.

KOMPAS.com - Bagi orangtua yang baru memasukan anak ke Taman Kanak-kanak (TK) atau Sekolah Dasar (SD), mengantar hari pertama sekolah bisa menjadi pengalaman istimewa sekaligus menegangkan.

Orangtua mungkin khawatir anak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru atau sulit berkomunikasi dengan wali kelas di tahun ajaran baru.

Dikutip dari laman resmi Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), 3 hal ini perlu disampaikan kepada wali kelas agar anak mudah beradaptasi:

1. Riwayat kesehatan

Bila anak memiliki riwayat kesehatan khusus, orangtua perlu menyampaikan hal ini kepada wali kelas pada hari pertama masuk sekolah.

Baca juga: Hati-hati, Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Swafoto Hari Pertama Sekolah

Penyakit kronis seperti asma, alergi debu, dan lain-lain sebaiknya disampaikan pada pihak sekolah agar dapat melakukan berbagai upaya antisipatif bila penyakit tersebut kambuh di kelas.

2. Kebiasaan belajar

Setiap anak memiliki kebiasaan khusus dalam belajar, misal ada anak yang cepat belajar secara visual, ada yang harus banyak bergerak dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu guru nantinya dalam mendampingi anak belajar di kelas.

3. Riwayat bersosialisasi

Bila anak cenderung pemalu dan pendiam sehingga perlu waktu lebih lama dalam bersosialisasi, hal ini juga perlu disampaikan kepada wali kelas di hari pertama masuk sekolah.

Bila mengetahui hal ini, guru akan membantu mendampingi anak di hari-hari pertama masuk sekolah.


Komentar
Close Ads X