5 Tips Menyiapkan Hari Pertama Anak Sekolah - Kompas.com

5 Tips Menyiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

Kompas.com - 15/07/2018, 22:05 WIB
Anak-anak berbaris pada hari pertama masuk sekolah di TK Nurmala Hikmah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (27/7/2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi antara lain tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan adalah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.KOMPAS / AGUS SUSANTO Anak-anak berbaris pada hari pertama masuk sekolah di TK Nurmala Hikmah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (27/7/2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi antara lain tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan adalah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.

KOMPAS.com - Libur panjang sudah usai. Esok anak sudah akan masuk kelas baru atau mungkin sekolah baru. Bagi beberapa anak, menjadi siswa baru atau baru pertama kali sekolah adalah saat menegangkan.

Oleh karena itu, menjadi tanggungjawab orangtua untuk membantu anak dalam mempersiapkan hari pertama masuk sekolah.

Berikut beberapa tips dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam membantu anak mempersiapkan hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru:

1. Jangan lupa untuk menanyakan kesiapan anak dalam mempersiapkan hari pertama sekolah. Diskusikan jika ada hal-hal yang masih menjadi kekwatiran anak.

Baca juga: Sampaikan 3 Hal Penting Ini pada Guru di Hari Pertama Sekolah

2. Ceritakan pentingnya sekolah sebagai bekal anak dalam menghadapi masa depan.

3. Berikan dukungan dengan menceritakan hal-hal menyenangkan di sekolah; menemukan teman baru, guru baru serta pelajaran yang menyenangkan.

4. Usahakan dapat mengantar anak di hari pertama sekolah. Dampingi saat menemui guru baru dan jika diijinkan melihat kelas baru. 

5. Tumbuhkan keberanian anak untuk berkenalan dengan teman-teman baru di hari pertama sekolah. 


Komentar
Close Ads X