Kompas.com - 19/07/2018, 18:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Djarum Foundation mengirim 10 mahasiswa Indonesia mengikuti kompetisi debat Asia-Pasific Model United Nation Conference (AMUNC) 2018 di University of New South Wales, Sidney, Australia, 8 - 12 Juli 2018.

AMUNC merupakan merupakan konferensi tahunan terbesar di kawasan Asia Pasifik yang melibatkan lebih 700 mahasiswa perguruan tinggi berbagai negara untuk berdebat tentang isu-isu internasional

1. Pengalaman internasional

"Sejak 2013 kami rutin memfasilitasi mahasiswa berprestasi guna memberikan kesempatan untuk aktif di kompetisi internasional," jelas Laksmi C Lestari, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Hal itu, lanjut Laksmi, memberi kesempatan para mahasiswa penerima beasiswa Djarum atau biasa disebut Beswan untuk tidak hanya menjadi "jagoan kampus" di tempatnya belajar, namun juga berani berkiprah di ajang internasional.

Sebelum berangkat, 10 mahasiswa itu mendapat pembekalan intensif berupa pelatihan soft skill yang meliputi gambaran konferensi Model United Nation, simulasi sidang hingga mengasah kemampuan debat.

2. Meraih dua penghargaan

Pada AMUNC 2018 ini delegasi Djarum Foundation meraih dua penghargaan, yakni:

  • Best English as an Additional Laguage or Dealect (EALD) Delegation Award untuk level delegasi.
  • Outstanding Delegate untuk 3 anggota delegasi yaitu: Nur Pratama Abdi Muhammad (Universitas Airlangga), Indra Setiawan (Universitas Diponegoro) dan Irfan Muhammad Yusuf (Institut Teknologi Bandung). 

"Salah satu tantangan adalah bagaimana dalam pemilihan kata, di luar kata-kata yang sudah populer namun tetap diplomatis," jelas Abdi.

Baca juga: 700 Mahasiswa Yogyakarta Ikuti Proses Seleksi Djarum Beasiswa Plus

Pada kegiatan tersebut setiap delegasi mendapat tugas untuk berperan sebagai wakil dari negara lain atau organisasi tertentu. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.