KILAS

Pemerintah Apresiasi Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan

Kompas.com - 24/07/2018, 19:19 WIB
Dirjen GTK Kemendikbud Hamid Muhammad Dirjen GTK Kemendikbud Hamid Muhammad

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan berkualitas merupakan keniscayaan bagi terciptanya anak bangsa yang cerdas dan berkarakter, yang menjadi tumpuan kemajuan Indonesia di masa depan.

Kualitas pendidikan tidak dapat terlepas dari fungsi dan peran para pendidik dan tenaga kependidikan. Merekalah ujung tombak sektor pendidikan di Tanah Air.  

Oleh sebab itu, wajar jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK).

"Apresiasi diberikan bagi para guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan dinilai layak mendapatkan penghargaan." kata Plt. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Hamid Muhammad melalui pernyataan tertulis, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: Puluhan Guru SD dan SMP Bersaing dalam Pemilihan Guru Berprestasi

Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada para GTK ialah melalui pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional yang dilaksanakan setiap tahun.

Untuk tahun ini, penghargaan bagi guru berprestasi dan berdedikasi akan diberikan kepada guru mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini  sampai jenjang pendidikan menengah.

Sementara, penghargaan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi akan diberikan kepada kepala sekolah, tenaga laboratorium, pengawas sekolah petugas perpustakaan dan tenaga administrasi sekolah di semua jenjang.

"Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan berdedikasi merupakan bukti kepedulian Kemendikbud pada mereka yang menunjukkan kinerja lebih dalam bidangnya masing-masing," ujarnya.

Tahapan seleksi

Sebelum sampai pada  pemilihan tingkat nasional, peserta yang telah memenuhi syarat akademik dan administratif lebih dulu harus melewati beberapa tahapan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X