Kompas.com - 27/07/2018, 18:22 WIB
Tim BeeHive Drones yang terdiri dari mahasiswa Indonesia saat melakukan presentasi di Imagine Cup 2018. Dok. Microsoft IndonesiaTim BeeHive Drones yang terdiri dari mahasiswa Indonesia saat melakukan presentasi di Imagine Cup 2018.

KOMPAS.comMicrosoft telah mengumumkan pemenang Imagine Cup ke 16 (26/7/2018), kompetisi teknologi pelajar terkemuka di dunia, di mana pelajar dari berbagai belahan dunia berkumpul memecahkan persoalan-persoalan di dunia dengan teknologi.

Empat mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di University of Manchester, Inggris, bergabung dalam tim BeeHive Drones. Tim ini terdiri dari Anindita Pradana Suteja, Ishak Hilton Pujantoro Tnunay, Muhamad Randi Ritvaldi dan Albertus Gian.

Mereka mewakili Indonesia di final Imagine Cup 2018 yang berlangsung di Redmon, Washington, Amerika Serikat.

Mereka memperkenalkan sistem drone yang dapat diakses dari aplikasi gawai sebagai solusi pertanian yang presisi untuk para petani.

1. Teknologi sebagai solusi

Tahun ini Imagine Cup diikuti 49 tim dari 33 negara, termasuk 20 tim dari kawasan Asia Pasifik. Mereka terpilih untuk mengunjungi kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat untuk menampilkan kreasi mereka dalam memaksimalkan teknologi modern untuk memecahkan beberapa permasalahan dunia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini, 8 tim dari wilayah Asia Pasifik masuk dalam semi-final dan menjadi jumlah terbanyak dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain.

Baca juga: Ini Tiga Calon Start Up Indonesia versi Samsung

Team smartARM asal Kanada memenangkan penghargaan utama dengan teknologi tangan prostetik robot fungsional. Tangan prostetik tersebut dilengkapi kamera yang ditanam di telapak tangan untuk membantu mengenali objek dan memperkirakan kekuatan genggaman. 

2. "Olimpiade Teknologi Pelajar"

Juara kedua dimenangkan oleh Tim iCry2 Talk dari Yunani menciptakan teknologi yang 
memungkinkan orangtua untuk memahami "pesan" di balik tangisan bayi secara real-time.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X