Mengulik Sejarah Gedung Hoogere Kweek School, Sekolah Guru di Masa Kolonial

Kompas.com - 28/07/2018, 15:41 WIB
Bangunan HKS, atau sekolah pendidikan guru di Purworejo, Jawa Tengah. Dok. Roemah ToeaBangunan HKS, atau sekolah pendidikan guru di Purworejo, Jawa Tengah.

KOMPAS.com — Pada masa penjajahan, sekolah yang khusus bagi masyarakat pribumi sangat sedikit. Dengan penerapan politik etis, salah satu yang dikembangkan adalah bidang pendidikan sehingga didirikanlah sekolah bagi kaum pribumi.

Sekolah dari jenjang HIS, MULO, dan AMS didirikan. Bahkan, sekolah rakyat di pedesaan juga turut berkembang.

Akan tetapi, persoalannya, untuk mendidik siswa dari jenjang HIS dibutuhkan seorang pengajar atau guru yang berpendidikan tinggi.

Akhirnya, Pemerintah Kolonial Belanda membangun Hoogere Kweekschool ( HKS) atau lebih dikenal dengan sekolah pendidikan guru.

HKS Purworejo yang kini menjadi kompleks SMAN 7 PurworejoDok. Roemah Toea HKS Purworejo yang kini menjadi kompleks SMAN 7 Purworejo
Mutu sekolah ini lebih tinggi daripada Kweekschool.

Pada 1914, dibuka dua HKS di Jawa. Tepatnya di Bandung dan Purworejo.

Menempati gedung kweekschool pertama di Hindia-Belanda, dan satu lagi dibangun di Purworejo.

HKS Purworejo

Di Purworejo terdapat sekolah yang dulunya sempat digunakan untuk mendidik orang pribumi menjadi guru.

Tim riset Roemah Toea, sebuah komunitas pencinta sejarah kolonial, Lengkong, mengatakan, berdasarkan penelusuran timnya, bangunan tersebut merupakan eks HKS yang awalnya menempati tempat latihan tentara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X