Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Indonesia Raih Emas Ajang Olimpiade Kimia Dunia di Ceko

Kompas.com - 31/07/2018, 18:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siswa Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu dalam ajang IChO (International Chemistry Olympiad/IChO) 2018 di Rudolfinum, Praha, Republik Ceko yang berakhir tanggal 28 Juli 2018.

Kompetisi ini diikuti 80 negara dari seluruh dunia dan merupakan penyelenggaraan olimpiade kimia ke-50. 

1. Perolehan medali

Siswa Indonesia yang memperoleh medali dalam ajang tersebut yakni:

  • Medali emas: Ong Christoper Ivan Wijaya, SMA Kristen YSKI, Semarang, Jawa Tengah
  • Medali Perak: Abdullah Muqaddam, MAN Insan Cendekia Serpong, Banten
  • Medali Perunggu: Rizki Kurniawan, SMAN 1 Kota Metro, Lampung dan Muhammad Syaiful Islam, SMA Cindera Mata Kota Bekasi, Jawa Barat

Tahun lalu, pada IChO ke 49 di Nakhon Pathom, Thailand, Indonesia meraih 1 medali emas dan 3 medali perak. Sementara pada IChO ke 48 di Tbilisi, Georgia, tim Indonesia meraih dua medali perak dan dua medali perunggu. 

Baca juga: "Kado" Hari Anak Nasional Siswa Indonesia Raih Prestasi di IBO Iran

Setiap negara peserta dapat mengirimkan maksimum 4 siswa terbaik bidang kimia di Negaranya.

Dalam kompetisi ini, setiap siswa diuji kemampuan dalam bidang teori dan keterampilan dalam dalam melakukan percobaan (praktek) di laboratorium.  

2. Mengirim 4 wakil

Keempat siswa terpilih telah melalui 4 tahapan proses seleksi dengan total waktu pelatihan, pembinaan dan seleksi selama 10 minggu.

Berdasarkan data capaian siswa tersebut dan berdiskusi dengan para instruktur, asisten serta Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kemendikbud, maka ditentukan empat peserta diatas sebagai Duta Indonesia di 50th IChO di Bratislava, Slovakia dan Praha, Republik Ceko.

Dalam proses pelatihan tersebut, mentor pelatihan siswa calon peserta olimpiade diberikan oleh staf pengajar Departemen Kimia -FMIPA UI dan Departemen Kimia FMIPA-ITB.

Program pelatihan yang dilakukian disesuaikan dengan materi dalam Silabus IChO serta silabus teori dan praktikum untuk IChO 50th. Sebagian besar materi tersebut sebagian besar tidak pernah diberikan di tingkat SMA di Indonesia.

Rombongan tim Olimpiade Kimia Indonesia telah tiba di tanah air Rabu, 30 Juli 2018 dan disambut oleh Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Ari Santoso, Kasubdit Peserta Didik Suharlan dan Kasi Bakat dan Prestasi Asep Sukmayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com