Wisuda Unpad 2018: Pendidikan untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan

Kompas.com - 01/08/2018, 21:07 WIB
Unpad melantik 2.266 lulusan pada Wisuda Lulusan Gelombang IV Tahun Akademik 2017/2018. Dok. UnpadUnpad melantik 2.266 lulusan pada Wisuda Lulusan Gelombang IV Tahun Akademik 2017/2018.

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Tri Hanggono Achmad melantik 2.266 lulusan pada Wisuda Lulusan Gelombang IV Tahun Akademik 2017/2018.

Pelaksanaan wisuda digelar dalam lima sesi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, sejak Selasa (31/7/2018) hingga Kamis (2/8/2018).

Kepada para wisudawan, Rektor berpesan agar senantiasa menjaga nama baik Unpad. Wisuda bukan hanya penambahan gelar di depan atau belakang nama, namun merupakan legitimasi akademik yang dapat menambah kekuatan baru bagi para lulusan untuk dapat berkontribusi lebih baik, kuat, dan besar di masyarakat.

1. Menciptakan pemimpin masa depan

“Jadilah insan cerdik cendekia yang senantiasa membawa manfaat dan kemaslahatan di mana pun nanti Saudara akan berkarya sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing,” pesan Rektor seperti dikutip dari laman resmi Unpad.

Baca juga: Unpad Masuk 700 Universitas Top Dunia versi QS World

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pidatonya, Rektor juga mengungkapkan bahwa proses pendidikan di Unpad tidaklah hanya bertujuan untuk menghasilkan individu dengan gelar, namun pada hakikatnya menciptakan dan menghasilkan future leaders yang berperan sebagai insan abdi masyarakat.

Menurutnya, pemimpin seharusnya tidak hanya berupaya mencapai tujuan dari kelompok atau organisasi, namun juga harus mengarahkan pada tercapainya kesejahteraan umat manusia di seluruh dunia.

2. Bukan pemimpin tetapi kepemimpinan

“Berdasarkan hal di atas, tantangan bagi Unpad adalah menjadi perguruan tinggi memfasilitasi dan memiliki ekosistem transformatif yang memungkinkan sivitas akademika Unpad memiliki kapasitas utama pemimpin masa depan tersebut, sehingga penekanannya bukan kepada leader tetapi pada leadership,” ujar Rektor. 

Secara khusus, Rektor juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang.

Sementara itu, wisudawan tertua pada wisuda kali ini berasal dari Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi dalam usia 62 tahun, dan wisudawan termuda dari Program Sarjana Program Studi Farmasi dalam usia 20 tahun 1 bulan 20 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.