Kompas.com - 14/08/2018, 14:34 WIB
Ilustrasi Universitas Pertamina Dok. Universitas PertaminaIlustrasi Universitas Pertamina

KOMPAS.com - Memasuki tahun ke-3, Universitas Pertamina (UP) menerima 1.413 mahasiswa baru untuk tahun akademik 2018/ 2019. Para mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari 5.248 peserta dari berbagai penjuru tanah air.

Rektor UP, Akhmaloka dalam Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus UP, Selasa (14/8/2018), menyampaikan rasa bangga kepada para mahasiswa terpilih.

"Kalian mendapat kesempatan istimewa dibandingkan teman-teman yang lain. Manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini sebaik mungkin untuk mempersiapkan diri agar menjadi pemimpin-pemimpin masa depan," kata Akhmaloka dalam sambutan kepada para mahasiswa baru.

1. Bersaing di era industri 4.0

Dia juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya dengan optimal dan positif selama menjalani perkuliahan di UP.

Akhmaloka menyampaikan komitmen UP untuk berusaha sebaik mungkin mempersiapkan mahasiswanya agar mampu bersaing dalam era revolusi Industri ke-4. Laporan McKinsey Global Institute Desember 2017 memprediksi 400-800 juta orang akan kehilangan pekerjaan, digantikan otomatisasi (automation) hingga tahun 2030 nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: JMUN 2018, Menolak Anggapan Kaum Muda yang Cuek

“Jika individu-individu usia produktif tidak dibekali dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai, maka tingkat pengangguran diperkirakan akan sangat tinggi,” tuturnya.  

2. Transformasi generasi ke-4

Akhmaloka menambahkan, perguruan tinggi dituntut bertransformasi menjadi perguruan tinggi generasi ke-4 (fourth generation university) yaitu entrepreneurial university.

Menurutnya, perguruan tinggi entrepreneurial akan meluluskan bukan saja individu-individu sarjana, melainkan juga organisasi-organisasi baru atau perusahaan-perusahaan rintisan yang dikenal dengan sebutan startup companies.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.