Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2018, 21:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar upacara Peringatan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia di halaman Balairung UGM, Jumat (17/8/2018).

Upacara diikuti sivitas academik UGM dan dipimpin Rektor UGM, Prof Panut Mulyono.

“Melalui peringatan HUT ke-73 RI, marilah kita tingkatkan untuk terus membangun dan melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, agar dapat menorehkan prestasi dan kinerja yang membanggakan untuk memperkuat keyakinan kita pada Indonesia,” papar Panut seperti dilansir dari laman resmi UI.

1. Kebinnekaan sebagai anugerah

Dalam upacara tersebut Panut juga menyampaikan sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Menrisitekdikti mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia memahami kembali secara utuh Pancasila dan Kebinnekaan bangsa, dan melihat kebinnekaan sebagai anugerah.

Bangsa Indonesia saat ini banyak dipuji, kata dia, karena stabilitas politiknya, perkembangan perekonomian yang sehat, serta prestasi-prestasi yang dicapai untuk mewujdukan Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: UGM Kirim Tim Medis, Psikologi dan Teknik Sipil untuk Gempa Lombok

 

Banyak prestasi yang ditorehkan pemuda-pemudi Indonesia dalam berbagai ajang kompetisi internasional dalam berbagai bidang.

Prestasi tersebut diantaranya seperti prestasi atlet nasional Indonesia yang merah emas pada lari 100 meter kejuaraan Dunia U-20 dan timnas sepak bola yang memperoleh juara pertama piala AFF U-16.

2. Pengabdian nilai kemanusiaan

Peringatan HUT RI ke-73 di UGMDok. UGM Peringatan HUT RI ke-73 di UGM

“Dari UGM sendiri mahasiswa kita berjaya di berbagai ajang kompetisi internasional antara lain di ajang Inovasi Teknologi Shell Ideas 360 meraih juara dunia dengan gagasan mobil berbahan bakar sampah, meraih emas di Siriaj International Microbiology, Parasitology, and Immunology Competition dan lainnya,” papar Rektor UGM.

Panut mengatakan kebanggaan kepada kiprah generasi penerus bangsa tidak hanya pada prestasi yang ditorehkan di kancah nasional dan internasional, tetapi juga pengabdian kepada sesama.

“Saudara-saudara kita di NTB belum lama ini mengalami cobaan bencana gempa bumi yang dahsyat. Merespons kondisi darurat itu mahasiswa kita yang tengah KKN di Lombok Barat dan Lombok Timur secara spontan langsung terjun ke lokasi bencana dan memberikan bantuan,” tutur Panut.

Panut menekankan bahwa kepedulian tersebut merupakan salah satu sifat yang harus terus ditanamkan pada jiwa mahasiswa UGM. Sisi kemanusiaan merupakan aspek yang harus menjadi perhatian seluruh warga UGM, selain harus menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni mutakhir yang diperlukan di era saat ini.

3. Penguasaan Iptek

Peringatan HUT RI ke-73 di UGMDok. UGM Peringatan HUT RI ke-73 di UGM

Menurutnya, penguasaan IPTEKS, jiwa kewirausahaan sosial, kreatif, inovatif, dan pemahaman humanitas yang baik harus dimiliki lulusan UGM. Oleh sebab itu, diperlukan dosen, tenaga kependidikan, serta sarana prasarana yang memadai dan berkualitas guna menghasilkan lulusan yang diharapkan.

“Jika kondisi ini bisa dipenuhi, Indonesia akan segera menjadi negara dengan daya saing yang tinggi,”jelasnya.

Di akhir sambutannya, Panut tidak lupa menyampaikan pesan untuk seluruh sivitas akademika UGM. Dia meminta seluruh warga UGM untuk terus bekerja, berkarya, berinovasi, berpretasi dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi, dan mengabdi untuk kejayaan NKRI. Kerja kita, prestasi bangsa,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com