Kompas.com - 18/08/2018, 22:04 WIB
Kafe Siswa SMAN 1 Sumedang Dok. DIsdik Jawa BaratKafe Siswa SMAN 1 Sumedang

KOMPAS.com - SMAN 1 Sumedang menjadi salah satu sekolah rujukan kewirausahaan yang membina para siswanya untuk menjadi pengusaha muda.

Program ini telah berlangsung selama 2 tahun, dengan beberapa program yang telah dilaksanakan maupun yang akan direncanakan, diantaranya kafe siswa, kelas inspirasi, camp kewirausahaan, dan mengikuti bazar di beberapa kota.

1. Penguatan karakter wirausaha

Bermula dengan melibatkan kelas 10 sampai kelas 12, dilakukan secara bertahap. Tahapan ini dilakukan untuk mematangkan konsep kewirausahaan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

“Kami ingin merubah mainset siswa agar tertarik menjadi wirausahawan muda. Salah satu upayanya adalah dengan penguatan karakter kewirausahaan,” ujar Seriani Pembina sekolah rujukan SMAN 1 Sumedang dikutip dari laman Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Baca juga: Melatih Wirausaha Siswa SMA/K melalui Aplikasi Simulasi Perusahaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ani juga mengungkapkan sekolah telah bekerjasama dengan komunitas Tangan Di Atas (TDA) untuk membina para siswa dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Setiap minggunya pada mata pelajaran kewirausahaan, anak-anak diberikan kelas inspirasi yang mendatangkan para alumni yang telah sukses di dunia bisnis. Para alumni tersebut sebagian besar ikut dalam komunitas TDA.

2. Kafe siswa dari dan untuk siswa

Selain itu, Ani juga menambahkan sekarang telah terlaksana kafe siswa sebagai implementasi dari sekolah rujukan kewirausahaan.

"Kafe siswa ini dibuat oleh siswa dan untuk siswa. Di sini siswa belajar secara langsung mulai dari proses berdagang sampai perhitungan laba. Bermula dari eskul kewirausahaan, kini siswa-siswa lain antusias untuk ikut terlibat dalam cafe siswa," jelas Seriani.

“Kafe siswa ini tempatnya nyaman, kita sini belajar bagaimana melayani para pelanggan yang ternyata teman-teman kita sendiri,” ujar salah satu siswa SMAN 1 Sumedang.

Harapan dari pelaksanaan rangkaian kewirausahaan ini, Ani menginginkan anak-anaknya lebih mandiri dan berkreasi sesuai dengan kreatifitasnya. Ia yakin, kreatifitas harus digali sejak awal, sejak siswa duduk di bangku sekolah.

Kesuksesan seseorang tentunya berproses dari awal, sehingga penanaman karakter kewirausahaan ini sangat penting sebagai solusi bagi masa depan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.