Kompas.com - 07/09/2018, 21:00 WIB
Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Arif Satria (Rektor IPB), Muhammad Anis (Rektor UI) dengan Galina D. Zolin (Rektor Russian State Agrarian University ? Moscow Timiryazev Agricultural Academy) pada 5 September 2018. Dok. UIPenandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Arif Satria (Rektor IPB), Muhammad Anis (Rektor UI) dengan Galina D. Zolin (Rektor Russian State Agrarian University ? Moscow Timiryazev Agricultural Academy) pada 5 September 2018.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Rabu (5/9/2018) menandatangani nota kesepahaman dengan Russian State Agrarian University – Moscow Timiryazev Agricultural Academy (RSAU MTAA) di Rusia.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Arif Satria (Rektor IPB), Muhammad Anis (Rektor UI) dengan Galina D. Zolin (Rektor Russian State Agrarian University – Moscow Timiryazev Agricultural Academy).

Nota kesepahaman berisi kerjasama pendidikan termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bidang pertanian dan lingkungan.

Galina Zolin menjelaskan bahwa peningkatan kerja sama antara Indonesia – Rusia terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini ada 3 mahasiswa Indonesia yang tahun ini memperoleh beasiswa dari Pemerintah Rusia setelah setahun lalu seorang mahasiswa lebih dahulu menjalani pendidikan S3.

Baca juga: Dari UI untuk Desa Cimareme, Memberdayakan Badan Usaha Desa

“Saat ini kami menerima tiga orang mahasiswa dari Indonesia dengan jenjang pendidikan S1, yaitu jurusan Agronomi, teknologi nutrisi dan lingkungan. Sebelum ini kami hanya ada 1 mahasiswa saja yaitu Ade Irma Elvira yang sekarang berkuliah S3 di sini,” tutur Galina seperti dikutip dari laman resmi UI.

Sebelum pertemuan berakhir, Galina menjelaskan rencana berkunjung ke Indonesia yang sebelumnya sempat tertunda dalam menghadiri kegiatan GreenMetric University World Rangking yang diselenggarakan oleh UI di Universitas Diponegoro pada April lalu.

Setelah pertemuan, rektor IPB dan UI diajak mengunjungi museum agronomi dan tanah Timiryazev. Ada berbagai jenis tanah yang dapat dilihat di museum tersebut karena RSAU MTAA memiliki spesialisasi dan departemen unggulan yaitu agronomi dan tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.