Kompas.com - 20/09/2018, 23:00 WIB

KOMPAS.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud( menggelar Lokakarya Gerakan Literasi Nasional (GLN) terkait Sosialisasi Kebijakan Teknis 2018, 19-21 September di Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan menghasilkan kebijakan dan rencana tindaklanjut kegiatan literasi pada masa yang akan datang. Lokakarya diikuti oleh 100 peserta di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"GLN merupakan salah satu tugas Badan Bahasa untuk mengukur sejauh mana tingkat literasi siswa kelas 10 atau kelas 1 SMA", disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinan Bahasa, Dadang (19/8/2018). 

Baca juga: Memajukan Literasi di Daerah 3T

Dijelaskan Dadang Sunendar, sebagai koordinator GLN, Badan Bahasa sudah melakukan beberapa program antara lain, pelatihan-pelatihan pembekalan literasi kepada fasilitator, penggiat literasi dan sejenisnya.

"Sebagai contoh di Deli Serdang, Badan Bahasa ikut mendukung penyelenggaraan Hari Aksara Internasional (HAI) dengan banyak sekali kegiatan literasi", ujar Dadang. Termasuk pula mendukung kegiatan pameran buku internasional yang dilakukan oleh IKAPI bekerjasama dengan Kemendikbud dan Badan Ekonomi Kreatif.

"Kegiatan GLN ini kita harus saling mendukung ketika ada kegiatan literasi. Sebagai contoh kegiatan yang sudah besar bahkan lebih terkenal namanya dari GLN itu sendiri yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang luar biasa," ujar Dadang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.