Toko Online dan Generasi Digital Pacu Pertumbuhan Ekonomi - Kompas.com

Toko Online dan Generasi Digital Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 11/10/2018, 21:42 WIB
 Kegiatan bersama Tokopedia dan UI dalam Tokopedia Goes To Campus dengan tema ?Generasi Digital Dukung Ekonomi Indonesia?, Selasa (9/10/2018) di Balai Sidang UI Kampus Depok.Dok. UI Kegiatan bersama Tokopedia dan UI dalam Tokopedia Goes To Campus dengan tema ?Generasi Digital Dukung Ekonomi Indonesia?, Selasa (9/10/2018) di Balai Sidang UI Kampus Depok.

KOMPAS.com - Online commerce atau penjualan online saat ini telah menciptakan 4 juta pekerjaan dan pada tahun 2022 akan melonjak menjadi 26 juta pekerjaan. Hal ini menandakan bahwa pemerataan perekonomian digital di Indonesia dalam waktu dekat akan segera terwujud.

Hal ini terungkap dalam kegiatan bersama  Tokopedia dan Universitas Indonesia ( UI) dalam "Tokopedia Goes To Campus" dengan tema “Generasi Digital Dukung Ekonomi Indonesia” pada Selasa (9/10/2018) di Balai Sidang UI Kampus Depok.

Kemajuan teknologi digital yang pesat membawa dampak pada berkembangnya e-commerce yang juga turut memacu perekonomian bangsa Indonesia. 

Toko online sokong tumbuhnya UKM 

“Sebesar 93% pemesanan Tokopedia berasal dari pesanan antar kota, provinsi dan antar pulau. Hal tersebut menandakan mulai adanya perekonomian secara menyeluruh,” ucap Leontinius Alpha Edison selaku Vice Chairman and Co-Founder Tokopedia seperti dikutip dari laman UI.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik Indonesia 2019 versi Times Higher Education

Tokopedia sebagai pelaku industri e-commerce pun turut mengambil peranan penting dalam setiap programnya untuk memajukan perekonomian Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan workshop tech community atau diskusi bersama dengan harapan dapat membagikan pengalaman serta pembelajaran mengenai teknologi yang sedang berkembang saat ini kepada para UKM kecil dan menengah.

Kemudian, guna menyokong pertumbuhan UKM di Indonesia, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan mitra bank untuk menyediakan pinjaman/kredit kepada merchant guna mengembangkan usahanya.

Hambatan logistik pengiriman pesanan

“Caranya pun dapat dikatakan mudah, penjual hanya mengisi formulir yang telah diberikan oleh Tokopedia dan tinggal menunggu hasil permohonan peminjamannya saja,” ucap Leo.

Namun, e-commerce saat ini sedang mengalami hambatan terutama dalam pengiriman barang ke daerah pelosok. Oleh karena itu, Leo dan pihaknya sedang membuat kemitraan dengan logistik yang dapat menjangkau daerah-daerah tersebut.

Dalam seminar tersebut, Tokopedia juga mempromosikan program terbarunya guna mengembangkan pengetahuan teknologi dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa UI.

Beasiswa Tokopedia untuk mahasiswa UI

Kesempatan ini terbuka bagi mahasiswa S1 jurusan Teknik Industri dan Teknik Komputer. Bantuan beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan selama 2 semester, biaya penunjang pendidikan selama 1 tahun, biaya wisuda, tunjangan buku perkuliahan dan kesempatan magang di Tokopedia.

Dengan adanya beasiswa ini diharapkan Indonesia akan mencetak generasi digital yang handal dan inovatif guna memajukan pemerataan perekonomian ekonomi digital di Indonesia.



Close Ads X