Vokasi UI Ajak Orang Muda Cintai Produk Lokal

Kompas.com - 30/10/2018, 10:58 WIB
Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018). Kompas.comProgram Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).

KOMPAS.com - Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk “Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia” di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 300 peserta ini menampilkan beberapa pembicara yakni Ngakan Timur Antara (Kepala BPPI Kemenperin RI), Wahidah Oktavia (Public Relations Wardah Cosmetics), Muhammad Sadad (Founder Erigo Store) dan Akhyari Hananto (Founder Good News From Indonesia).

Kegiatan yang dikelola mahasiswa Vokasi UI Program Studi Komunikasi ini dimoderatori Abang Jakarta 2018 Sayeful Mujab dan dibuka Ketua Program Studi, Vokom UI, Devie Rahmawati.

Peran ilmu komunikasi di ekonomi digital

"Tema ini diangkat untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan orang muda Indonesia terhadap produk dalam negeri, ditengah-tengah berbagai tantangan ekonomi dan politik dunia," jelas Devie kepada Kompas.com di sela-sela acara.

Devie menambahkan, perang dagang dan juga mata uang baru Bitcoin berimbas pada depresiasi mata uang sehingga dibutuhkan kekuatan domestik agar dapat menahan goncangan global, karena Indonesia tidak tergantung pada produk-produk dari luar negeri.

Baca juga: Pemberdayaan Desa, Vokasi UI Gelar Program Melek Akuntansi Desa

"Dalam hal ini, ilmu komunikasi memegang peranan penting agar produk-produk Indonesia yang telah ada dapat tampil dan bersaing dalam ekonomi digital global," tegasnya.

“Diskusi yang diinisiasi oleh Vokasi Komunikasi ini menitik beratkan bahwa di era digital, sektor komunikasi berbasis teknologilah yang mampu menjadi sumbu pengikat dan peledak untuk menyebarkan kecintaan akan produk dalam negeri," papar Devie. 

Televisi, telepon pintar, IOT dan sebagainya merupakan produk dari industri komunikasi yang telah mampu merubah dunia hanya dalam kurun waktu dua dekade, jelasnya.

Menumbuhkan kebanggaan produk lokal

Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).Dok. Kompas.com Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).
Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).Dok. Kompas.com Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Diskusi Nasional bertajuk ?Made In Indonesia: Cintai Produk Lokal Indonesia? di Auditorium Program Vokasi UI (29/10/2018).

Kepala BPPI Kemenperin RI, Ngakan Timur Antara menyampaikan bahwa para anak muda Indonesia yang akan menjadi penerus bangsa, diharapkan dapat menunjukkan rasa cinta tanah air dengan membeli produk buatan Indonesia.

“Apalagi produk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Selain itu, untuk kalian yang suka berwisata, pilihlah wisata dalam negeri terlebih dahulu. Banyak tempat wisata Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya,” tambah Ngakan Timur Antara.

Hal senada disampaikan Devie Rahmawati bahwa kita wajib bangga sebagai bangsa kreatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. “Kita akan selalu menghadapi serbuan produk impor, tetapi kemudahan teknologi harus kita manfaatkan untuk sebarkan pesan selalu gunakan produk lokal”, ujarnya.

“Industri kosmetik dan pakaian di Indonesia saat ini sedang menjadi primadona, apalagi dengan adanya teknologi komunikasi dan perkembangan sosial media, semakin memudahkan para wirausaha baru memasarkan produknya, dan ini perlu kita dukung” tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X