Pemberdayaan Desa, Vokasi UI Gelar Program "Melek Akuntansi Desa"

Kompas.com - 25/10/2018, 22:37 WIB
Program Melek Akuntansi untuk 9 desa digelar 25 Oktober 2018 di Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus Depok.
Dok. Vokasi UIProgram Melek Akuntansi untuk 9 desa digelar 25 Oktober 2018 di Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus Depok.

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui Pengabdian Masyarakat menggelar program Melek Akuntansi Desa berupaya membangun kompetensi aparat untuk 9 desa di Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawab Barat.

Humas Vokasi UI, Mareta menyampaikan program melek akuntasi ini digagas dengan tujuan agar aparat desa mampu menggunakan dana desa secara produktif, dan bijak khususnya dalam tata kelola BUMDes.

Pembekalan akuntansi dasar

Lebih jauh Mareta menambahkan, program Melek Akuntansi Desa ini mencakup beberapa hal, di antaranya:

1. Pembekalan konsep dan dasar-dasar akuntansi dalam pengelolan dana desa berdasarkan PP Nomor 71/2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

2. Bimbingan teknis dan pelatihan aparat desa terkait tatakelola desa menuju Good Village Governance khususnya terkait akutansi keuangan desa.

Baca juga: Pengabdian Vokasi UI di Titik Nol Citarum

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Sosialisasi prioritas penggunaan dan pengelolaan dana desa.

4. Pembekalan pelaporan keuangan desa

Kegiatan ini digelar 25 Oktober 2018 di Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus Depok.

Melibatkan 9 desa

Program Melek Akuntansi untuk 9 desa digelar 25 Oktober 2018 di Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus Depok. Dok. Vokasi UI Program Melek Akuntansi untuk 9 desa digelar 25 Oktober 2018 di Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus Depok.

Heri Yuliyanto, Dosen Vokasi Komunikasi menjelaskan program ini melibatkan 9 desa di Kelurahan Babelan yaitu Desa Bahagia, Desa Kebalen, Desa Babelan Kota, Desa Kedung Pengawas, Desa Kedung Jaya, Desa Buna Bakti, Desa Muara Bakti, Desa Pantai Hurip dan Desa Hurip Jaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.