UGM Lantik 131 Insinyur Baru - Kompas.com

UGM Lantik 131 Insinyur Baru

Kompas.com - 08/11/2018, 20:08 WIB
UGM melantik 131 insinyur baru lulusan Prodi Profesi Insinyur Periode III Tahun 2018 di Balai Senat UGM, Selasa (6/11/2018).Dok. UGM UGM melantik 131 insinyur baru lulusan Prodi Profesi Insinyur Periode III Tahun 2018 di Balai Senat UGM, Selasa (6/11/2018).

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada ( UGM) melantik 131 insinyur baru lulusan Prodi Profesi Insinyur Periode III Tahun 2018 di Balai Senat UGM, Selasa (6/11/2018).

Pelantikan dilakukan Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso Marseno. Pelantikan ini merupakan pelantikan Program Profesi Insinyur Periode ketiga tahun 2018.

Para insinyur ini diharapkan akan mengisi kebutuhan profesi insinyur yang semakin meningkat di Indonesia.

“Kebutuhan insinyur Indonesia menurut statistik sangat tinggi. Dalam 5 tahun ke depan Indonesia diperkirakan akan kekurangan 280 ribu tenaga insinyur,” tutur Djagal seperti dikutip dari laman resmi UGM.

Sebanyak 43 orang insinyur yang dilantik merupakan lulusan program studi profesi di Fakultas Peternakan, sementara 88 di antaranya lulusan program studi profesi Fakultas Teknik, termasuk Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono.

Upacara pelantikan dilakukan dengan pemberian sertifikat serta pemakaian helm insinyur kepada masing-masing insinyur baru.

Baca juga: Perjuangan Satpam UGM Biayai Kuliah Empat Putrinya, Cari Tambahan Jadi Sopir

“Selamat untuk semuanya sudah memakai helm resmi, bisa berprofesi dan diakui keinsinyurannya sehingga lapangan pekerjaan juga bisa lebih luas,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Hermanto Dardak mengutarakan insinyur memiliki tugas memberikan nilai tambah serta dalam hal tertentu menciptakan sesuatu baru.

“Insinyur harus melaksanakan standar keinsinyuran dan memutakhirkan IPTEK. Dalam era ini, diperlukan teknologi cerdas dengan otomatisasi dan yang lainnya,” ucapnya.

Dalam laporannya, Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Nizam memaparkan pada Pelantikan Profesi Insinyur ke-3 ini, tercatat Agus Priyatno dilantik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00, peserta usia tertua Muhammad Kismurtono yang lahir tanggal 30 Mei 1955, dan termuda Merdeka Sandi Tazakka, lahir 29 Agustus 1991.

Sebanyak 60 orang mendapatkan predikat Cumlaude dan beberapa peserta juga sekaligus mendapatkan sertifikat insinyur profesional dari Persatuan Insinyur Indonesia.

Peserta pelantikan insinyur kali ini berasal bidang kejuruan Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Kimia, dan Teknik Sipil.

Sementara itu, dari Fakultas Peternakan, sebanyak 34 di antaranya lulus dengan predikat Cumlaude.

“Selamat berkarya berbakti kepada ibu pertiwi dan menjunjung tinggi nama almamater Universitas Gadjah Mada bagi para peserta pelantikan periode ketiga,” ucap Nizam.


Terkini Lainnya


Close Ads X